Kamis, 29 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 08 Oktober 2020 | 13:13 WIB

Hitekno.com - Belum lama ini heboh berita gedung DPR dijual di e-commerce, salah satunya Shopee. Aplikasi belanja online Shopee akan menghapus Gedung DPR dari daftar produk yang dijual di platform tersebut.

Hal ini dikatakan Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo, dalam keterangan tertulis, Rabu(7/10/2020).

"Untuk itu, kami telah memastikan semua produk terkait dan toko yang menjual Gedung DPR di aplikasi Shopee yang tidak sesuai dengan standard ketentuan penjualan produk di aplikasi kami, dan akan ditindaklanjuti untuk segera diturunkan, guna menjaga kenyamanan pengguna Shopee," kata Radityo.

Shopee meminta pengguna untuk melaporkan penjual (seller) dan produk yang meresahkan melalui fitur pelaporan di aplikasi jual-beli tersebut.

Gedung DPR dijual. (Twitter)

 

"Shopee memiliki tim internal yang terdedikasi untuk melakukan pemantauan secara aktif dan rutin terhadap aktivitas dan produk-produk yang terjual di dalam aplikasi kami, agar sesuai dengan regulasi, serta norma-norma sosial yang berlaku," kata Radityo.

Platform Shopee hari ini memuat setidaknya tiga hasil pencarian yang menjual Gedung DPR. Berdasarkan pantauan, Gedung DPR di Shopee dijual mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 99.000.

Sore ini, sudah tidak ada penjual yang memuat Gedung DPR di platform Shopee. Selain Shopee, Gedung DPR sempat dijual di Tokopedia, seharga Rp 1.000. Perwakilan Tokopedia mengatakan mereka sedang mengatasi laporan tersebut.

Sama seperti di Shopee, hasil pencarian sore ini, Gedung DPR kini juga sudah tidak ditemukan di Tokopedia.

Adapun penjualan Gedung DPR dan anggotanya di Tokopedia dan Shopee merupakan bagian dari bentuk protes sebagian publik terhadap disahkannya UU Cipta Kerja pada awal pekan ini oleh DPR beberapa waktu lalu. (Suara.com/Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Terjadi Lagi, Netizen Jual Gedung DPR dengan Harga Murah