Minggu, 25 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 08 Oktober 2020 | 12:48 WIB

Hitekno.com - Sebuah perkebunan di Kanada mendapatkan kabar yang tak mengenakan usai media sosial Facebook memblokir foto bawang karena dianggap ''seksual secara terbuka''.

Foto bawang tersebut merupakan unggahan foto di halaman Facebook resmi milik Perusahaan Benih Gaze. Dalam unggahan foto tersebut terlihat segenggam bawang yang diletakkan di keranjang anyaman. 

Tetapi setelah salah satu dari 10.000 anggota toko melaporkan jepretan itu sebagai tidak pantas ke Facebook, raksasa teknologi California itu segera bertindak.

"Jadi kami baru saja diberitahu oleh Facebook bahwa foto yang digunakan untuk benih Bawang Walla Walla kami adalah 'Seksual'," tulis Gaze di halaman Facebook resminya pada Sabtu lalu.

"Oleh karena itu, [Foto] tidak dapat diiklankan untuk dijual di platform mereka ... [emoji tertawa] Bisakah Anda melihatnya? Sekelompok pikiran kotor di sana."

Foto bawang diblokir Facebook. [Facebook]

Perusahaan, yang berbasis di Newfoundland, memosting komentar di samping foto yang dipermasalahkan, serta screengrab tanggapan Facebook.

Facebook mengatur konten yang menyinggung di platformnya menggunakan campuran moderator manusia dan kecerdasan buatan.

Jika seseorang melaporkan gambar, foto tersebut dipindai oleh algoritma yang menentukan apakah itu melanggar persyaratan layanan aplikasi atau tidak.

Dalam banyak kasus, konten dihapus tanpa pernah dilihat oleh moderator. Sistemnya cukup akurat, tapi belum sempurna.

Dalam kasus posting Gaze, tampaknya pemeriksa konten robot menganggapnya menampilkan materi yang jauh lebih rendah daripada sekadar bawang.

"Daftar tidak boleh memposisikan produk atau layanan dengan cara yang menjurus ke arah seksual," bunyi pesan otomatis yang dikirim ke perusahaan oleh Facebook.

Perusahaan tidak merinci apa yang sebenarnya dianggap seksual.

"Kami mendapat pemberitahuan beberapa hari yang lalu bahwa itu adalah 'citra seksual yang terbuka' yang harus mereka larang dari situs," manajer Gaze Jackson McLean mengatakan kepada CBC dilansir The Sun, Kamis (8/10/2020).

"Kurasa ada sesuatu tentang dua bentuk bulat di sana yang bisa disalahartikan sebagai payudara atau semacamnya, entah bagaimana tubuh lain tanpa sehelai benang pun,” jelasnya.

Ini adalah ketidaknyamanan kecil bagi siapa pun yang menjalankan akun tersebut, tetapi setidaknya penggemar The Seed Company dapat melihat sisi lucunya.

Seorang pengguna Facebook berkomentar di bawah posting.

"Bawang? Saya telah melihat beberapa posting wortel yang mungkin dipertanyakan."

Foto bawang diblokir Facebook. [Facebook]

Yang lain menulis.

"Wow. Saya melihat lebih banyak orang setengah telanjang saat menggulir tetapi bawang yang sebenarnya ... lucu. Anda tidak bisa mengarangnya!"

Yang lain menimpali dengan pengalaman frustrasinya sendiri dengan alat moderasi Facebook yang kurang sempurna.

"Saya berusia 70 tahun dan tiga postingan telah dihapus karena alasan yang paling konyol, salah satunya adalah postingan lucu tentang bawang putih!" tulis seorang komentator.

"Namun, saya melihat beberapa kiriman yang paling penuh kebencian di Facebook setiap hari," komentar lainnya.

Ilustrasi Facebook. [Shutterstock]

Tidak jelas apakah Facebook telah membatalkan larangannya atas foto tersebut atau apakah The Seed Company telah mencoba memostingnya lagi.

Facebook memberi tahu The Sun bahwa mereka sedang menyelidiki peristiwa terkait foto bawang yang diblokir tersebut. (Suara.com/Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Gagal Tindak Tegas Berita Hoaks, Facebook Dicap Sebagai Platform Berbahaya