Selasa, 24 November 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 07 Oktober 2020 | 17:04 WIB

Hitekno.com - Layanan Google sempat dilaporkan mengalami gangguan pada Rabu (7/10/2020) siang. Gangguan Google down ini menyebabkan pengguna tidak bisa mengakses layanan populer seperti Gmail dan YouTube

Tidak hanya itu, beberapa layanan populer lain seperti Google Docs juga sempat tidak bisa diakses seperti dilaporkan Batamnews.co.id --- jaringan Suara.com.

Sejumlah pengguna Gmail mengeluhkan mereka kesulitan membuka halaman web email tersebut. Masalah serupa juga terjadi di layanan video sharing YouTube dan Google Docs.  

Hingga saat ini, tidak jelas penyebab tumbangnya layanan Google. Perusahaan juga belum memberikan keterangan apapun. 

Namun, dalam situs pelacak DownDetector, layanan Google memang dilaporkan memiliki kendala di Indonesia per 11.36 WIB.

Google down juga dilaporkan terjadi di Jepang dan sejumlah wilayah pesisir AS, berdasarkan pantauan DownDetector. 

Dalam kicauan DownDetecter di Twitter, mereka juga melaporkan sejumlah pengguna mengeluhkan video streaming YouTube tak bisa diakses. 

Ilustrasi logo Google. (Pixabay/ Hebi B.)

 

Namun demikian, Google mengatakan kalau, berdasarkan dashboard pemantau mereka, layanan Google tak mengalami kendala apapun. 

Sejumlah layanan Google seperti Gmail dan YouTube sudah bisa kembali diakses oleh pengguna sekira pukul 12.00.

Kejadian Ini merupakan ketiga kalinya layanan Google down dalam tiga bulan terakhir.

Sebelumnya, layanan mereka juga sempat tumbang pada 20 Agustus dan ini memengaruhi sejumlah aplikasi populer Google seperti Gmail, Google Meet, YouTube, Drive, hingga Google Docs. 

Kemudian layanan Google kembali eror pada 25 September 2020, kali ini memengaruhi Google Meet, Google Classroom, Google Drive, Google Docs, dan lainnya. Akibatnya, layanan Google yang tumbang tersebut berimbas pada kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sempat terhenti. 

Namun beruntung kini layanan dari raksasa internet ini telah kembali setelah sempat bermasalah. Apakah kamu merasakan pula ketika Google down tadi? [Batamnews.co.id]

BACA SELANJUTNYA

Update Baru, Fitur Kepadatan Jalur Secara Real Time Hadir di Google Maps