Selasa, 20 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 05 Oktober 2020 | 08:00 WIB

Hitekno.com - Lagi-lagi Jerome Polin membuat heboh netizen dengan pembahasan matematika. Kali ini, Youtuber ini membahas bagaimana bentuk keripik kentang kenapa tidak mudah hancur dalam kemasan.

Namun apa bedanya, Jerome Polin membahas soal camilan ini menggunakan perhitungan matematika. Tentu saja, langsung membuat pusing netizen.

Penjelasan soal bentuk keripik tersebut diunggah dalam bentuk video di akun jejaring sosial Twitter-nya @JeromePolin.

Dengan caption "Matematika di balik bentuk keripik", Jerome--sapaan akrabnya--menjelaskan jika keripik kentang memiliki struktur Hyperbolic Paraboloid. Struktur inilah yang membuat keripik kentang tidak mudah hancur meski ditumpuk.

Hyperbolic Paraboloid adalah bentuk parabola pada arah yang berbeda. Uniknya, bentuk geometri ini memiliki titik minimax point. Waduh, apa tuh?

"Minimax poin adalah titik minimum dan titik maksimum yang bertemu di satu titik. Nih, lihat nggak?" jelas Youtuber ini sembari menunjuk gambar yang ada di latar belakangnya.

Jerome Polin jelaskan matematika di balik bentuk kripik kentang (Twitter @JeromePolin)

Menurut Youtuber ini, struktur inilah yang membuat keripik kentang lebih kuat dalam menerima beban tumpuk. Ia juga mengungkapkan pada video tersebut jika hal inilah yang memberikan sensasi unik saat menggigit keripik kentang.

Pada kolom reply, banyak netizen yang mengaku pusing dengan yang dibicarakan Jerome. "Ada aja yah, orang yang mikir begini pas makan keripik," komentar salah satu netizen yang heran.

"Ya Allah, gue tiap makan keripik nggak pernah kepikiran kalo pas digigit kerasa unik," ujar salah satu akun Twitter.

Kemudian netizen lain ikut menimpali. "Beda mbak, kita mah makan aja, kalo Jerome mau makan mesti diukur dulu," ungkap netizen ini dengan emoji menangis.

Netizen lain pun ikut berkomentar, "Duh, pusing Jer!"

Jerome Polin memang dikenal jago matematika. Ia mendapatkan beasiswa penuh di Universitas Waseda, Jepang. Jerome mengambil jurusan matematika di universitas yang telah berdiri sejak 1882. Wah, keren banget!

Itulah pembahasan Jerome Polin soal bentuk keripik kentang yang tidak mudah pecah dalam kemasan secara matematika. Tentu saja langsung bikin pusing netizen. (Suara.com/ Hiromi Kyuna).

BACA SELANJUTNYA

Pakai Teknologi AI, YouTuber Ini Beri Warna pada Film Tertua di Dunia