Kamis, 29 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 04 Oktober 2020 | 13:00 WIB

Hitekno.com - Beredar postingan di media sosial dengan narasi yang mengklaim kalau pengacara kondang Hotman Paris Hutapea mengkhawatirkan keluarga Cendana dan keluarga Cikeas.

Klaim dengan narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook Kopok pada Minggu (27/9/2020). Berikut isi postingan tersebut:

"Saya khawatir jika Pak Jokowi bila dipancing-pancing emosinya.
Hati-hati saja keluarga Cendana dan keluarga Cikeas, harta gono gini kalianlah jadi pertaruhannya. KPK Intelijen sudah dari 2014 mengumpulkan data dan faktanya.
Yaaa tinggal menunggu perintah Presiden saja, langsung eksekusi tanah negara yang dikuasai merek Gawat itu, Saya sudah pasti bela Negara.
Hotman Paris."

Cek fakta pernyataan Hotman Paris soal keluarga Cendana dan Cikeas. (Instagram/@hotmanparisofficial)

Lantas benarkah jika Hotman Paris memperingatkan agar keluarga Cendana dan Cikeas berhati-hati?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Suara.com, klaim yang menyebut bahwa Hotman Paris meminta agar keluarga Cendana dan Cikeas berhati-hati adalah klaim yang salah.

Hotman Paris sendiri telah mengkonfirmasi bahwa unggahan itu bukan merupakan pernyataan dari dirinya. Ia menegaskan bahwa narasi tersebut adalah hoaks.

Melalui akun Instagram-nya, Hotman meminta bahwa orang yang menciptakan berita itu segera diusut.

"Ini berita Bohong! Tangkap para pelaku yang edarkan berita bohong ini!! Hotman tidak tahu tentang selebaran ini," tulis Hotman, Rabu (30/9/2020).

Selain itu, situs Kominfo.go.id juga pernah menjelaskan bahwa narasi dalam unggahan tersebut adalah hoaks pada 28 Juni 2019 lalu.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebut jika Hotman Paris meminta agar keluarga Cendana dan Cikeas berhati-hati adalah klaim yang salah. (Suara.com/ Farah Nabilla).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Pilkada Tak Ditunda Namun Pilpres Ditunda 7 Tahun?