Kamis, 29 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 04 Oktober 2020 | 09:15 WIB

Hitekno.com - Salah satu orang tua calon wisudawan mengungkapkan keluh kesahnya terkait biaya wisuda online anaknya di universitas swasta yang dirasa terlalu mahal. 

Hal ini diungkapkan seorang ibu-ibu dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @dessy***.

Video itu lantas menjadi viral dan salah satunya dibagikan ulang oleh akun Twitter @bdgfess.

Dalam video itu, seorang ibu berdaster kuning tampah memegang setelan jubah wisuda beserta toganya sembari merapalkan kekesalannya.

Wisuda online. (Unsplash/ Mohammad Shahhosseini)

 

"Imbalannya lah untuk orang tua yang biayain anak cuma dikasih ini. Demi Allah untuk para atasan U***** , saya enggak ikhlas kalau uang saya tidak dipulangin!" kata ibu tersebut sambil mengibaskan baju wisuda itu.

Ia mengatakan biaya wisuda anaknya yang harus dibayar terlalu mahal, padahal acara kelulusan itu dilaksanakan secara online.

"Ini Rp. 3.770.000 hanya dapat ini doang. Pak, takut keselek ya makan uang penghasilan saya," ancam ibu tersebut.

Ia kembali mengecam keputusan pihak universitas jika biaya wisuda online tersebut tidak dikembalikan kepada para orangtua mahasiswa.

"Tolong para pejabat di U***** pulangin uang kami para orang tua mahasiswa. Itu hak kami. Kami enggak akan tinggal diam," tegas ibu tersebut.

Sementara itu, video protes orangtua calon wisudawan tersebut telah terlanjur menjadi perbincangan publik sosial media.

Simak videonya DI SINI.

"Pada kecewa ini, biaya wisudan online 3.770.000 dapatnya toga, masker scuba, face shield enggak ada sewa sabuga kayak wisuda offline kan, terus komen di IG kampusnya malah diblok," komentar warga Twitter @veraher**.

"Sedikit cerita aja dari salah satu kampus di Bandung, asalnya pas tahu biaya wisuda online sama dengan wisuda biaya offline. Kita sempat protes ke pihak yang tertera namanya di selembaran informasi. Kita tanya rincian uangnya tapi malah dilempar sana sini enggak jelas. Akhirnya kita demo lewat kolom komentar di IG dan banyak yang bersuara tentang keluh kesah biaya wisuda yang bisa dibilang enggak pakai make sense di masa pandemi ini. Sampai ada yang tag ke pemerintahan dan akhirnya 1x24 jam pihak kampus rapatin lagi yang hasilnya wisuda jadi gratis," jelas akun @pusing****.

"Lagi covid begini 3,7 juta berharga banget woi kok tega ya apalagi enggak jelas dananya ke mana aja. Kalau operasional toh adek adeknya yang blom lulus juga tetep bayaran," protes akun @skay*****.

Hingga berita ini dipublikasikan, pihak Suara.com masih mencoba menghubungi pihak terkait untuk mendapat konfirmasi lebih lanjut.

Video tersebut viral di media sosial dan banyak mendapatkan komentar dari netizen. (Suara.com/Farah Nabila)

BACA SELANJUTNYA

Potret Artis Korea Seo Ye Ji Diedit Berhijab, Netizen: Inget Aurat Bun