Selasa, 24 November 2020
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 03 Oktober 2020 | 12:45 WIB

Hitekno.com - Salah satu komitmen Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, adalah untuk selalu berupaya meningkatkan taraf hidup para mitra driver dan keluarganya. Kali ini, komitmen tersebut kembali diwujudkan melalui pemberian beasiswa bagi putra/ putri mitra driver. 

Menyambut tahun ajaran baru perkuliahan sekaligus bertepatan dengan hari jadi ke-10 tahun Gojek, pada tahun ini Gojek memberikan beasiswa kepada 10 putra/ putri mitra driver berprestasi, yang mencakup biaya pendidikan selama 6 semester pada jenjang diploma tiga (D3) di politeknik-politeknik negeri unggulan di Indonesia. Gojek adalah yang pertama di industri dalam menyediakan beasiswa pendidikan bagi keluarga mitra drivernya.

Gede Manggala selaku VP Regional Operations Gojek mengungkapkan, “Beasiswa Gojek merupakan bentuk apresiasi dari Gojek kepada mitra driver yang telah menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan kejujuran selama 10 tahun Gojek mengaspal. Pemberian beasiswa ini sekaligus merupakan bagian dari program Gojek Swadaya yang ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga mitra driver.”

Gede menambahkan bahwa pemberian Beasiswa Gojek juga berangkat dari aspirasi mitra driver Gojek yang ingin memperoleh pendidikan tinggi bagi diri sendiri ataupun anak mereka, serta dapat segera bekerja di bidang yang diminati, namun terhalang keterbatasan ekonomi. “Oleh karena itu, kami memilih beasiswa jenjang D3 Politeknik yang berorientasi kepada praktik kerja, dengan harapan para penerima beasiswa dapat segera terserap sebagai tenaga kerja yang berkualitas dan tepat guna.”

Program Beasiswa Kuliah Gojek. (Gojek)

 

Meski baru diadakan pertama kali untuk jenjang pendidikan tinggi, program beasiswa ini mengundang antusiasme tinggi dari mitra driver sejak awal diumumkan di awal bulan Maret 2020. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 5.000 orang. Setelah proses pendaftaran, baik mitra driver maupun putra/ putrinya harus melewati seleksi ketat yang dilakukan internal Gojek sebelum kemudian dilanjutkan ke seleksi politeknik, hingga akhirnya terpilih 10 putra/ putri berprestasi terbaik untuk tahun ajaran 2020/2023.

Dr. Zainal Arief selaku Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia (FDPNI) menyampaikan antusiasmenya terhadap program ini. “Kami menyambut baik program Beasiswa Gojek ini sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang siap kerja. Sudah menjadi fokus politeknik untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan yang lengkap, baik dari segi teori maupun praktik, sehingga tenaga kerja lulusan politeknik dikenal cepat diserap oleh industri.” 

“Dengan demikian, program Beasiswa Gojek ini secara tidak langsung sudah mendorong semakin banyak lulusan politeknik yang siap untuk menggerakkan roda ekonomi Indonesia. Kami berharap program beasiswa Gojek ini terus berlanjut kedepannya,” jelasnya. 

Pada program beasiswa ini, Gojek bekerja sama dengan politeknik unggulan di masing-masing kota besar di Indonesia yang telah terbukti mampu menghasilkan SDM yang berkualitas dan tepat guna, di antaranya:

  • Politeknik Negeri Jakarta 
  • Politeknik Negeri Bandung 
  • Politeknik Negeri Medan
  • Politeknik Negeri Semarang 
  • Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang
  • Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 
  • Politeknik Negeri Ujung Pandang

Melaju Bersama Gojek, Baik Sebagai Mitra Maupun Sebagai Kepala Keluarga

Dzikru Rahman merupakan salah satu penerima Beasiswa Gojek yang berhasil diterima sebagai mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta jurusan D3 Teknik Mesin. Ia bercerita bahwa impian untuk masuk Teknik Mesin telah dipendam sejak lama, saat ia sadar bahwa dirinya memiliki ketertarikan untuk mengutak-atik mesin di rumahnya dan motor ayahnya yang digunakan sebagai ojol.

“Dari dulu saya sering kepikiran, gimana caranya bisa kuliah tanpa membebani orang tua. Makanya saat dapat kabar dari Bapak kalau ada program ini, saya semangat banget. Saya langsung bergabung ke grup-grup pembahasan soal di internet, juga nanya-nanya tetangga tentang kehidupan politeknik. Alhamdulillah, benar ini jalannya,” ucap Dzikru sambil tersenyum.

Ayahnya, Sugito yang merupakan salah satu mitra driver di Jabodetabek, juga mengekspresikan rasa harunya. “Ketika saya tahu anak saya lolos seleksi Beasiswa Gojek, saya merasa senang luar biasa. Kenyataan bahwa saya sendiri tidak mengenyam bangku kuliah namun bisa menguliahkan anak saya, melalui profesi saya sebagai driver ojek online, membuat saya sangat terharu dan bersyukur.” 

“Terima kasih banyak, Gojek. Harapan saya, semoga potensi anak saya bisa semakin berkembang sehingga ia bisa menjadi SDM yang berguna bagi bangsa; sama seperti Gojek yang selama 10 tahun ini telah banyak berkontribusi bagi Indonesia,” lanjutnya.

Sebelum adanya program ini, Gojek juga telah memberikan sederet bantuan pendidikan bagi mitra dan anak mitra driver di ragam jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga jenjang pendidikan S2, yang disalurkan baik oleh Gojek maupun melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB).

Di samping bantuan dalam bidang pendidikan, komitmen Gojek dalam mendukung peningkatan taraf hidup mitra driver dan keluarga juga dilakukan melalui berbagai program seperti Bengkel Belajar Mitra (BBM) dan Pelatihan Gojek Swadaya, yang keduanya bertujuan untuk membantu mengembangkan kemampuan diri mitra serta membantu menciptakan pendapatan yang berkesinambungan bagi mitra dan keluarga.

Informasi lebih lengkap terkait dengan program Beasiswa Gojek sekaligus cerita inspiratif para penerima beasiswa dapat dilihat di microsite resmi www.gojek.com/beasiswa. 

BACA SELANJUTNYA

Gojek Juara Pertama di UN Women 2020 Asia-Pacific WEP Awards