Senin, 26 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 01 Oktober 2020 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Google Drive memang memberikan layanan penyimpanan cloud dengan kapasitas besar secara gratis. Meski begitu, tetap ada batas atau limit yang diberikan. Bagaimana cara mengatasi limit Google Drive ini?

Karena itu Google Drive merupakan salah satu aplikasi penyimpanan online yang banyak digunakan masyarakat.

Meski begitu, produk buatan Google ini juga punya limit akses download yang terkadang membuat penggunanya terganggu.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan serupa, berikut cara mengatasi limit Google Drive dengan mudah dan cepat.

Mengatasi Limit Google Drive dengan Modifikasi URL

Google Drive

 

Memodifikasi URL merupakan salah satu cara dan trik jitu yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan limit pada Google Drive.

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Modifikasi URL
    Pertama, kamu bisa mencoba dengan cara memodifikasi URL google drive yakni menghapus bagian '&export=download' yang terletak di bagian belakang lalu tulisan 'uc' pada bagian depan dan diganti 'open. Jika sudah, langkah berikutnya adalah menekan tombol 'enter'.
  2. Memindahkan File ke My Drive
    Setelah mengganti URL, langkah berikutnya ialah memindahkan file yang akan didownload ke My Drive dengan cara mengklik ikon 'Add to My Drive' yang terletak di sebelah kanan atas. Lalu, klik ikon 'Folder' dilanjutkan dengan klik menu 'My Drive'.
  3. Menyalin File
    Selanjutnya, kamu akan melihat tampilan Google Drive milik kamu. Pada tahap ini file yang akan didownload sudah berhasil dipindahkan ke Google Drive dan akan muncul pada bagian 'Akses Cepat'. Berikutnya, klik kanan file lalu pilih menu 'Buat Salinan'.
  4. Download File
    Setelah salinan file dibuat, langkah berikutnya ialah klik kanan pada salinan file lalu pilih menu 'Download'. Kini, file tersebut sudah berhasil di download tanpa limit Google Drive yang mengganggu.

Mengatasi Limit Google Drive Menggunakan Smartphone

Jika kamu sedang dalam keadaan terdesak lalu disulitkan dengan limit Google Drive sehingga kamu tidak bisa mendownload aplikasi penting, maka jangan khawatir.

Berikut langkah-langkah mengatasi limit Google Drive dengan smartphone.

  1. Copy Link
    Pertama, copy link URL file Google Drive yang ingin didownload.
  2. Buka situs OkeDrive.com
    Selanjutnya, buka situs okedrive.com pada browser Android atau iOS yang ada di smartphone kamu.
  3. Login atau Sign Up
    Sebelum memulai mendownload, pastikan kamu sudah sign up lalu login ke situs tersebut. Gunakan akun email Google saat sign up untuk mempermudah dan menyingkat waktu.
  4. Upload Link
    Setelah login, klik ikon menu yang ada di pojok kanan atas lalu pilih menu 'upload link'. Kemudian paste linke file Google Drive yang sudah kamu copy ke kotak yang disediakan lalu klik 'Upload'.
  5. Download File
    Jika sudah mengupload link, maka akan ada link lainnya yang digunakan untuk mendownload. Klik opsi 'download' untuk mendownload file tersebut.

Itulah cara mengatasi limit Google Drive dengan mudah dan cepat. Tak perlu ribet, selamat mencoba. (Kontributor Suara.com/ Lolita Valda Claudia).

BACA SELANJUTNYA

Siang Ini, Netizen Keluhkan Layanan Gmail dan Google Drive Tumbang