Sabtu, 24 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 27 September 2020 | 13:00 WIB

Hitekno.com - Ingin trending di platform berbagi video TikTok? Banyak yang menggunakan FYP, namun bagaimana caranya? Tenang, di artikel ini, akan mengulas bagaimana cara FYP TikTok yang banyak diidampan pengguna aplikasi ini.

TikTok bukan platform media sosial biasa, karena lebih fokus meminta penggunanya membuat dan membagikan klip video.

Faktanya, aplikasi yang berbasis di Beijing ini telah diunduh lebih dari 2 miliar kali sejak peluncurannya pada 2012 silam. Bahkan di masa pandemi ini, terdapat kenaikan pengguna TIkTok sebesar 20%.

Kini, banyak topik viral di berbagai media sosial yang awalnya berasal dari TikTok. Hal ini membuktikan TikTok sebagai media sosial yang memiliki pengaruh cukup besar di kalangan netizen di seluruh dunia.

Nah, berbicara tentang viral atau trending di TikTok, tidak akan terlepas dari FYP dan cara agar masuk FYP. Lalu, apa sebenarnya FYP dan cara agar masuk FYP TikTok? Berikut ulasan selengkapnya.

Apa itu FYP?

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)

 

FYP merupakan singkatan dari For Your Page, yakni halaman rekomendasi atau halaman awal TIkTok yang langsung terlihat saat pengguna membuka aplikasi TIkTok. Dengan kata lain, FYP merupakan deretan video-video yang sedang populer di TikTok. Video yang direkomendasikan ini bukanlah dipilih secara acak.

Hanya video-video tertentu yang dapat masuk FYI. Salah satu indikatornya adalah jumlah penonton. Jika video pengguna berhasil masuk ke dalam FYP, potensi untuk menjadi viral akan semakin tinggi. Maka dari itu, banyak pengguna TikTok yang berlomba-lomba membuat video terbaik agar masuk FYP.

Nah, untuk membuat video Anda masuk FYP, Ada beberapa cara yang perlu Anda dilakukan.

Cara masuk FYP TikTok

  1. Perhatikan Kualitas Video
    Cara pertama agar video Anda mendapatkan perhatian para pengguna TikTok lainnya adalah dengan membuat video yang berkualitas. Dalam hal ini, berkualitas bukan saja persoalan kejernihan video, tetapi juga originalitas konten yang dibawakan. Membuat konten yang autentik dan engaging memang dapat menjadi nilai tambah bagi video Anda dibanding video-video lainnya.
  2. Pakai Musik yang Sedang Populer
    Menggunakan musik yang tengah ramai digunakan di aplikasi TikTok merupakan cara jitu untuk meningkatkan peluang video masuk FYP. Jika Anda menggunakan musik yang sedang digandrungi banyak pengguna, algoritma TikTok akan membaca konten tersebut dan menawarkan ke FYP pengguna lain.
  3. Ikuti Tren Hashtag
    Agar tidak ketinggalan, Anda perlu mengamati setiap hashtag yang sedang trending. Buatlah video yang relevan dengan hashtag tersebut dan jangan lupa tambahkan hashtag di unggahan Anda. Agar kesempatan masuk FYP semakin besar, unggah sedikitnya 3-4 video setiap hari dengan tetap menggunakan hashtag yang relevan.
  4. Berpartisipasi dalam Challenge Terbaru
    TikTok merupakan media sosial yang dipenuhi oleh berbagai challenge. Agar video Anda masuk FYP, tingkatkan eksistensi akun Anda dengan berpartisipasi dalam setiap challenge baru. Anda perlu melakukannya setiap minggu agar peluang video Anda masuk FYP semakin besar.
  5. Penggunaan Caption
    Walaupun TikTok merupakan media sosial berbasis visual, Anda tidak boleh menganggap remeh sebuah caption. Ternyata, caption juga merupakan salah satu faktor yang menentukan konten seperti apa yang akan direkomendasikan dalam FYP. Agar peluang konten Anda masuk FYP meningkat, gunakanlah caption yang unik, menjual, dan tentunya relevan dengan topik yang sedang populer di TikTok.
  6. Lakukan Kolaborasi
    Cobalah untuk melakukan kolaborasi dengan TikTokers lainnya di daerah anda. Buatlah video bersama mereka karena dapat meningkatkan peluang mendapatkan perhatian dari fans TikTokers yang Anda ajak kolaborasi.
  7. Interaksi dengan Pengguna Lain
    Unggahan Anda membutuhkan interaksi sehingga dapat memberikan sinyal ke algoritma TikTok bahwa orang-orang menyukai unggahan tersebut. Semakin banyak interaksi Anda dengan para pengguna lainnya maka akan semakin besar peluang video Anda masuk FYP.

Demikian cara FYP TikTok. Semoga cara-cara ini berhasil membuat Anda menjadi trending di TikTok! (Kontributor Suara.com/ Theresia Simbolon).

BACA SELANJUTNYA

Pakistan Blokir TikTok, Ini Alasannya