Sabtu, 24 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 27 September 2020 | 09:15 WIB

Hitekno.com - Platform berbagi video musik TikTok ini kian populer, meskipun terbilang baru aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 2 milyar kali oleh pengguna di seluruh dunia. 

Kepopuleran TikTok pun membuatnya menjadi salah satu platform video paling diminati banyak orang. Salah satu fitur yang banyak digunakan adalah Live atau siaran langsung. Nah, bagi Anda pengguna baru TikTok, berikut ini beberapa tips dan cara Live di TikTok.

  1. Pertama, download aplikasi TikTok melalui Play Store atau iOS. Kemudian buka aplikasi tersebut dan buat akun dengan gmail maupun Facebook.
  2. Kedua setelah akun TikTok Anda berhasil dibuat, kemudian login menggunakan akun tersebut.
  3. Ketiga, tekan tombol plus (+) yang ada pada bagian bawah layar.
  4. Keempat, tulis judul yang menarik untuk live streaming Anda. Dan pastikan untuk menggunakan kalimat yang menarik perhatian netizen. Namun ingat ya, jangan memilih kata-kata yang mengandung unsur SARA, pornografi, dan hoax karena akan disensor dan diblokir oleh pihak TikTok.
  5. Setelah selesai memberikan judul live streaming kini saatnya Anda menekan tombol 'Go Live'. Kini live streaming Anda sudah dimulai.
  6. Bagaimana jika tidak menemukan tombol plus (+) Go Live TikTok?

Ada empat kemungkinan yang membuat Anda tidak menemukan tombol plus (+) Go Live di aplikasi TikTok.

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

 

Pertama, perlu diketahui bahwa fitur Go Live TikTok ini masih dalam tahap uji coba. Sehingga, beberapa pengguna di sejumlah negara masih belum bisa menjajal fitur tersebut.

Selain itu, Anda juga harus mengunduh aplikasi TikTok versi terbaru untuk mencoba fitur ini.

Kedua, TikTok sedang meningkatkan sistem keamanan di layanan fitur Go Live. Misalnya dengan membatasi penggunaan kata-kata terlarang untuk video streaming. Beberapa kata yang dilarang ialah bff, follow, duet, donasi, dan drama ratu.

Ketiga, bisa jadi jika Anda tidak menemukan tombol Live karena Anda menggunakan beberapa rekaman audio sekaligus. Sebab, Go Live tidak akan muncul selama Anda merekam sesuatu menggunakan aplikasi lain, misalnya IG Story atau Live Instagram.

Keempat, banyak pengguna TikTok menyebut bahwa layanan ini hanya berfungsi apabila Anda memiliki lebih dari 1.000 penggemar saat Go Live. Namun, banyak orang menyebut jika jumlah tersebut berbeda-beda tergantung negara.

Di atas merupakan berbagai tips dan melakukan live di TikTok, selamat mencoba.(Suara.com/Dany Garjito)

BACA SELANJUTNYA

Pakistan Blokir TikTok, Ini Alasannya