Rabu, 28 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 26 September 2020 | 06:00 WIB

Hitekno.com - XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melanjutkan penyaluran bantuan paket internet gratis untuk para pelajar di berbagai provinsi. Pekan ini, penyaluran bantuan antara lain dilaksanakan di Lampung untuk pelajar sekolah umum, serta di Jawa Timur dan Kalimantan Barat untuk pelajar madrasah.

Penyaluran bantuan ini merupakan implementasi dari komitmen XL Axiata untuk mendukung pemerintah memfasilitasi para pelajar dan pengajar dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19. Penyerahan bantuan dilaksanakan masing-masing di Surabaya, Pontianak, dan Bandar Lampung, Kamis (24/9). Paket internet yang dimaksud terdiri dari kartu perdana dan kuota data sebesar 30 GB.

Untuk wilayah Provinsi Lampung, XL Axiata siap menyalurkan 350 ribu paket internet agar segera bisa dimanfaatkan para pelajar untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). Program ini merupakan bagian dari kerjasama XL Axiata dengan Pemerintah Provinsi Lampung beserta Dinas Pendidikan serta Dinas Komunikasi dan Informatika tingkat provinsi, dan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI).

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D, secara simbolis menyerahkan bantuan paket internet kepada perwakilan pelajar di Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Kamis (24/9). Turut mendampingi wakil gubernur, di antaranya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Drs. Sulpakar, MM, dan Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi.

XL Axiata Lanjutkan Penyaluran Paket Internet Gratis Untuk Pelajar. (XL Axiata)



Chusnunia Chalim menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada XL Axiata atas dukungan yang telah diberikan kepada pelajar dan guru di Provinsi Lampung. Bantuan ini sangat bermanfaat disaat kebutuhan paket internet menjadi pilihan dalam proses belajar mengajar. Chusnunia Chalim mengingatkan agar bantuan tersebut segera disalurkan ke setiap siswa sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengikuti PJJ. Selain itu, dia juga berpesan agar para pelajar dan guru agar tetap semangat dalam mengikuti proses belajar dan mengajar meskipun dilakukan secara online.

Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi, mengatakan,”XL Axiata terus berupaya mendukung pemerintah dalam upaya membantu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, terutama dengan memberikan solusi atas problem kemampuan masyarakat agar bisa mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ. Semoga dukungan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk PJJ oleh seluruh pelajar dan guru yang ada di Provinsi Lampung. Seiring dengan penyaluran paket internet ini, kami juga akan memastikan jaringan data XL Axiata dalam kondisi prima demi kelancaran PJJ di seluruh Lampung.”

Desy menambahkan paket internet gratis yang diberikan hari ini sebanyak 350 ribu paket dan sebelumnya juga telah dibagi sebanyak 5.050 paket pada awal September 2020 lalu. Paket kuota data gratis yang dibagikan ini sudah langsung bisa dimanfaatkan oleh para siswa atau guru penerima.

Salurkan 1,8 juta paket internet gratis untuk pelajar dan guru madrasah

XL Axiata Lanjutkan Penyaluran Paket Internet Gratis Untuk Pelajar. (XL Axiata)

 

Untuk wilayah Jawa Timur, XL Axiata menyerahkan total 1,8 juta paket internet gratis bagi pelajar dan pengajar madrasah. Bantuan ini merupakan realisasi atas kerjasama XL Axiata dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) dalam program “Madrasah Digital Belajar Jarak Jauh”. Kamis (24/9), Group Head XL Axiata Region East, Bambang Parikesit secara simbolis menyerahkannya kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd, melalui fasilitas telekonferensi, yang juga disaksikan oleh perwakilan Kantor Kementerian Agama di 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur.

Bambang Parikesit mengatakan, “Dengan adanya bantuan ini, kami berharap beban sebagian pelajar dan orang tuanya menjadi lebih ringan begitu juga dengan para guru dan tenaga kependidikan. Para penerima bantuan paket ini sudah bisa langsung memanfaatkannya untuk mengikuti PJJ. Penyaluran akan terus kami lanjutkan di daerah lain yaitu di Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.”

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd menyebutkan bahwa di Provinsi Jawa Timur total ada sekitar 12.923 sekolah madrasah dari tingkat MI, MTs, dan Aliyah, baik negeri dan swasta. Untuk jumlah siswa, total ada sekitar 1,8 juta pelajar.

Penyaluran kartu internet gratis untuk pelajar dan pengajar madrasah juga XL Axiata lakukan di Kalimantan Barat. Sebanyak 125 ribu paket internet gratis telah disiapkan untuk segera didistribusikan ke seluruh provinsi. Menurut Group Head XL Axiata Region Jabodetabek & Kalimantan, Francky Rinaldo Pakpahan, setelah pekan lalu program kerjasama ini diresmikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta, mulai awal pekan inim pihaknya langsung menyalurkannya ke sejumlah daerah di Kalimantan Barat.

XL Axiata Lanjutkan Penyaluran Paket Internet Gratis Untuk Pelajar. (XL Axiata)

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, H. Ridwansyah menyebutkan bahwa di Provinsi Kalimantan Barat total ada sekitar 1.049 madrasah dari tingkat MI, MTs, dan Aliyah, baik negeri dan swasta. Untuk jumlah siswa, total ada lebih dari 133 ribu pelajar. Sebagian besar sekolah madrasah berada di area pinggiran kota dan pedesaan, di mana banyak di antara keluarga siswa memang membutuhkan dukungan untuk mampu menyediakan kuota data untuk PJJ.

Paket internet gratis dari XL Axiata berupa kartu perdana yang didalamnya juga sudah terisi kuota data sebesar 30GB. Kuota data tersebut selanjutnya bisa dipakai untuk mengakses sejumlah aplikasi yang paling sering dipakai oleh guru untuk mengirimkan materi pelajaran atau tugas kepada siswa, yaitu aplikasi Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, Google Classroom, dan WhatsApp.

Selain itu, kuota data tersebut juga bisa dipakai untuk membuka aplikasi dan website yang menyediakan bahan tambahan untuk referensi belajar, yaitu Udemy, Ruang Guru, Zenius, Sekolahmu, juga website Rumah Belajar Kemendikbud dan Spada Indonesia Kemendikbud. Untuk pelajar madrasah, kuota itu bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar.

BACA SELANJUTNYA

XL Axiata Tetapkan Susunan Direksi Baru