Sabtu, 24 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 25 September 2020 | 11:00 WIB

Hitekno.com - Beredar postingan di media sosial dengan narasi yang menyebut anak mantan Presiden Soeharto, Bambang Trihatmodjo punya bukti untuk membongkar status Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam postingan ini, diklaim kalau bukti tersebut mengungkap kalau Jokowi keturunan dari gembong PKI.

Klaim tersebut diunggah oleh akun Facebook Nickey Lovesonia. Akun tersebut mengunggah sebuah foto tangkapan layar dengan narasi sebagai berikut:

"Bambang Trihatmodjo anak pak Soeharto buka bicara, cendana membongkar status Jokowi. Joko Widodo adalah anak dari gembong PKI, bapaknya bernama Widiadmo Ketua OPR PKI dan ibunya sekretariat Gerwani."

Benarkah klaim tersebut?

Fakta Bambang trihatmodjo bongkar status Jokowi anak PKI (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Kamis (24/9/2020), klaim yang menyebut Bambang trihatmodjo bongkar status Jokowi anak gembong PKI adalah klaim yang keliru.

Faktanya, tak ada pemberitaan dari media manapun terkait Bambang Trihatmodjo membongkar status Jokowi sebagai anak gembong PKI.

Klaim pada narasi tersebut adalah hoaks lama yang sudah dibantah.

Klaim mengenai ayah Jokowi bernama Widjiatno Notomihardjo adalah seorang tokoh PKI dan ibunya Ketua Gerwani adalah klaim yang telah muncul sejak awal kemunculan Jokowi di kancah politik nasional.

Fakta Bambang trihatmodjo bongkar status Jokowi anak PKI (Turnbackhoax.id)

Dikutip dari Medcom.id, Jokowi di berbagai kesempatan sudah membantah tuduhan-tuduhan tersebut. Uniknya, sejumlah orang tetap meyakini tuduhan tersebut adalah sebuah kebenaran.

"Anehnya tuduhan itu tak pernah ditegaskan dalam suatu buku resmi atau tulisan ilmiah yang kadar kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan," tulis Historia.id dalam laporannya.

"Notomihardjo dan Sudjiatmi sendiri tak pernah sekalipun disentuh oleh tentara. Itu terjadi karena mereka memang tidak memiliki keterkaitan dengan Peristiwa 30 September 1965. Jika memang benar mereka adalah tokoh PKI, itu jelas suatu keanehan. Saat itu, alih-alih anggota PKI, seorang seniman profesional yang sama sekali bukan komunis pun bisa dipenjarakan tanpa pengadilan hanya karena dia pernah mengisi sebuah acara seni yang diadakan oleh PKI." tulis Historia.id dalam laporannya.

Fakta Bambang trihatmodjo bongkar status Jokowi anak PKI (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut Bambang Trihatmodjo bongkar status Jokowi anak gembong PKI adalah klaim yang salah. Klaim tersebut masuk dalam kategori konten palsu. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Hotman Paris Minta Keluarga Cendana untuk Berhati-hati?