Sabtu, 24 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 21 September 2020 | 08:15 WIB

Hitekno.com - Netizen di media sosial kembali dihebohkan dengan suara dentuman misterius yang terjadi pada Senin (21/9/2020). 

Saking ramainya pembahasan netizen terkait suara dentuman misterius tersebut, sampai membuatnya masuk ke trending topik Twitter.

"Senin (21/9) Sejumlah warga kembali menginformasikan bahwa mereka mendengar dua kali suara dentuman pada pagi hari ini. Belum diketahui secara pasti asal suara dentuman tersebut. Adakah yang mendengar ?? #jktinfo," tulis akun Instagram Jktinfo.

Postingan ini langsung diramaikan netizen karena tidak sedikit yang mendengar suara dentuman misterius tersebut.

"Iyaaa min :(( tdi dengernyaa sktran mau jam 3 subuh :((," ujar zelin_lelisiana10.

Bahkan, ada netizen yang mendengarnya hingga dua kali.

"Ada yg denger lagi gak pagi ini / 10mnt lalu ( jam 5:30an ) .. dentuman 2x juga," kata fp.olivia.

Misteri suara dentuman jadi trending topic. [Twitter]

 

Sebuah komentar dari salah seorang netizen yang membenarkan suara dentuman tersebut, dia menjelaskan apa yang didengarnya.

"Iyah bnr! Suara tersebut dipukul 05.30 wib dan dipukul 05.33 wib. Suara dentuman sprt suara sebuah ban ukuran sangat besar yg terjatuh. Posisi saya ada di belakang induk gudang beras cipinang belakang Mabes Polri logistik dekat dengan penjara cipinang. Sekian info dr saya," jelas akun iamprimedev.

Hingga berita diturunkan dari pantuan Suara.com, tagar #dentuman masuk ke jajaran trending topic dengan lebih dari 2.600 cuitan.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membenarkan telah terjadi suara dentuman yang dilaporkan oleh sebagian orang di sekitar Jakarta Timur hingga Jakarta Selatan pada Minggu (20/9/2020) sekitar pukul 19.30 WIB.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hingga kini pihaknya belum mengetahui pasti sumber suara dentuman itu, sebab tidak ada aktivitas kegempaan di sekitar Jakarta.

Misteri suara dentuman. [Instagram]

 

"Hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB," kata Daryono saat dihubungi Suara.com, Minggu (20/9/2020).

Namun, tercatat ada beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB yang terdeteksi alat lightning detector BMKG.

Daryono tidak ingin berspekulasi terlalu dini terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur.

Namun berdasarkan hasil pemantauan tersebut dugaan sementara suara berasal dari petir di Gunung Salak, Bogor.

"Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," katanya.

Itulah keramaian netizen bahas suara misterius hingga memasuki trending topik Twitter. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Kehebohan Netizen Membahas Teori Naruto Mati