Rabu, 23 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 16 September 2020 | 14:41 WIB

Hitekno.com - Selama pandemi, sekolah dan universitas masih tetap menerapkan sekolah online dari tingkat sekolah dasar hingga universitas. 

Belum lama ini seorang  guru mendapati murid Sekolah Dasar tengah menggunakan foto idola sebagai foto profil WhatsApp dan itu menghambat penilaian. 

Dibagikan kembali oleh akun Twitter @antoarief pada 12 September, pemilik akun mengunggah gambar tangkapan layar isi pesan WhatsApp yang telah terpotong. Pemilik akun mengaku gambar itu bukan miliknya, melainkan didapatnya dari Facebook.

Pesan WhatsApp tersebut berisi teguran kepada anak-anak muridnya dan kemungkinan dikirim dalam grup kelas. Sang guru meminta kepada muridnya untuk menggunakan foto profil dengan wajah asli, bukan wajah idola mereka.

Dikarenakan, hal itu menghambat penilaian tugas ketika guru memberikan nilai dan tidak dapat mengenali identitas asli murid-muridnya jika menggunakan wajah orang lain.

Curhatan warganet sebagai teguran guru ke muridnya. [Twitter]

Lucunya, foto-foto yang digunakan muridnya tersebut adalah wajah idola Korea Selatan Blackpink dan BTS serta band heavy metal asal Amerika Slipknot.

"Anak-anakku yang terkasih, demi mendukung daring agar terlaksana dengan lancar, mulai sekarang pasang foto profil kalian yang asli ya. Ibu guru barusan kaget sekali ada anggota Slipknot, Blackpink, dan BTS kumpulkan tugas bahasa Indonesia," tulis guru tersebut dalam pesannya.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 8.300 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Rupanya tak sedikit warganet yang juga berprofesi sebagai guru mengalami hal serupa.

"Muridku info profilnya 'I love BTS', emailnya supportbts wkwk," tulis akun @ratnale.

"Bocah SD mana yang tau Slipknot anj** wkwk," komentar @hppyrsbg.

"Jangankan anak SD, anak PAUD di rumah gue aja obrolannya seputar Blackpink dan BTS," tambah @novemberchilll.

"Iyaa ih gue bingung banget pas ngajar dulu, foto WhatsAppnya muka oppa-oppa semua. Mana display namenya juga bahasa Korea. Kalau nomornya belum disave, kan gue bingung ini nomornya siapa," ungkap @eginksmwr.

Ilustrasi aplikasi WhatsApp. [Shutterstock]

"Muridku juga foto profilnya sebagian besar Korea kalau cewek, kalau murid cowok kadang tengkorak, kadang tulisan yang susah dibaca, kadang item doang," cuit @chococinnooo.

Unggahan teguran guru SD yang menggunakan foto profil idola ini lantas viral dan mendapatkan lebih dari 20 ribu likes. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Mengelabuhi Guru, Pelajar Ini Ganti Nama Nyeleneh di Zoom