Rabu, 28 Oktober 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 06 September 2020 | 18:30 WIB

Hitekno.com - Di era kekinian, media sosial hampir dimiliki oleh sebagian besar pengguna gadget. Meski saat ini sudah menjamur, namun lebih dari dua dekade yang lalu, terdapat media sosial pertama dengan pengguna tak sebanyak sekarang.

Setelah komputer super pertama dibuat pada tahun 1940-an, para ilmuwan dan insinyur mulai mengembangkan cara untuk membuat jaringan di antara komputer-komputer tersebut, dan ini kemudian akan mengarah pada kelahiran Internet.

Pada 1980-an, komputer rumah menjadi lebih umum dan media sosial menjadi lebih canggih.

Obrolan Relai Internet, atau IRC (Internet Relay Chat), pertama kali digunakan pada tahun 1988 dan terus menjadi populer hingga tahun 1990-an.

Meski saat ini pengguna media sosial mencapai ratusan juga hingga menyentuh lebih dari 1 miliar per platform-nya, media sosial jadul hanya memiliki jutaaan pengikut saja.

Ilustrasi logo Six Degrees. (Emaze.com)

 

Media sosial populer dengan jutaan pengguna yang pertama kali dirilis adalah Six Degrees.

Dilansir dari Small Biztrends, media sosial ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah profil dan berteman dengan pengguna lain.

Dikembangkan dari tahun 1997 hingga 2001, media sosial tersebut dapat menjaring pengguna sebanyak 3,5 juta akun.

Dikutip dari Wikipedia, SixDegrees.com mengizinkan pengguna untuk membuat daftar teman, anggota keluarga dan kenalan baik di situs maupun secara eksternal (kontak eksternal diundang untuk bergabung dengan situs ini).

Orang-orang yang mengonfirmasi hubungan dengan pengguna yang ada tetapi tidak melanjutkan untuk mendaftar ke situs terus menerima pembaruan dan permintaan email sesekali.

Ilustrasi Friendster. (YouTube/ jerrydc0927)

 

SixDegrees adalah salah satu situs jejaring sosial pertama dengan bentuk umum yang digunakan secara luas saat ini.

Kesuksesan SixDegrees diikuti oleh media sosial lain seperti Friendster, MySpace, XING, dan paling populer, Facebook pada beberapa tahun setelahnya.

Setelah SixDegrees, media sosial yang menarik perhatian adalah Friendster. Media sosial ini didirikan pada tahun 2002 dan berhasil menjaring lebih dari 80 juta pengguna.

Friendster juga digunakan untuk berkencan dan menemukan acara, band, serta hobi baru. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil dan jaringan.

Ilustrasi sosial Facebook. (Pixabay/ William Iven)

 

Media sosial lain yang langsung "meledak" dan populer hingga saat ini adalah Facebook.

Menurut Statista, sejak didirikan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg, Facebook telah memiliki 2,7 miliar pengguna aktif bulanan (data hingga kuartal kedua 2020).

Sementara media sosial pesaing Facebook yang cukup populer lainnya dengan pengguna ratusan juta hingga 1 miliar adalah Twitter dan Instagram.

BACA SELANJUTNYA

Potret Jadul Gaya Stylish Ibu-ibu Sosialita 70-an, Netizen: Emak Gue!