Rabu, 23 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 02 September 2020 | 14:43 WIB

Hitekno.com - Bagi pengguna Facebook yang memiliki halaman bisnis, komunitas maupun grup bisa menjadwalkan unggahan di Facebook. 

Pengguna bisa menjadwalkan unggahan dan membantu mengelola konten di jam-jam yang tepat. 

Hal ini bisa dilakukan selama pengguna adalah admin di dalam halaman, komunitas, atau grup Facebook tersebut.

Penjadwalan posting didasarkan pada zona waktu setempat. Dilansir dari Android Authority, Rabu (2/9/2020), berikut cara menjadwalkan postingan di Facebook:

1. Cara menjadwalkan postingan Facebook di halaman melalui dekstop

Pertama, buka Facebook dan halaman Facebook pengguna > klik opsi Publishing Tools di kolom kiri, ini akan membuka berbagai opsi postingan. Kemudian klik tombol Create post berwarna biru > tulis postingan pengguna > klik Share Now > pilih Schedule.

Ilustrasi Facebook. [Kon Karampelas/Unsplash]

Di bawah menu Publication, pilih tanggal dan waktu postingan yang pengguna inginkan. Lalu klik Schedule untuk menjadwalkannya.

2. Cara menjadwalkan postingan Facebook di halaman melalui Android dan iOS

Untuk menjadwalkan postingan Facebook melalui ponsel, pengguna harus menggunakan aplikasi Facebook Pages Manager yang dapat diunduh secara gratis.

Setelah mengunduhnya, buka aplikasi dan masuk dengan akun Facebook pengguna > buka halaman pengguna > klik tombol Post berwarna abu-abu > tulis postingan pengguna > pilih Next di kanan atas > pada halaman ini pengguna akan ditanya "Bagaimana Anda ingin memublikasikan ini?" dengan opsi Post Now secara default. Ketuk bilah tersebut untuk membuka opsi. Pilih opsi Schedule > di bawah Change Scheduled Time, pilih tanggal dan waktu yang pengguna inginkan untuk menjadwalkan postingan > kemudian klik Schedule di kanan atas.

3. Cara menjadwalkan postingan Facebook di grup melalui dekstop

Pengguna harus menjadi admin atau moderator grup untuk bisa menjadwalkan postingan yang akan dipublikasi di grup.

Untuk menjadwalkan postingan di grup, buka Facebook dan grup pengguna melalui menu sebelah kiri > klik What's on your mind, ...? > klik ikon yang mirip seperti kalendar lalu pilih tanggal dan waktu publikasi yang diinginkan > kemudian klik Schedule.

4. Cara menjadwalkan postingan Facebook di grup melalui ponsel

Sama seperti melalui dekstop, pengguna juga harus menjadi admin atau moderator grup untuk bisa menjadwalkan postingan yang akan dipublikasi di grup.

Ilustrasi Facebook [shutterstock]

Untuk menajdwalkan postingan Facebook di grup melalui Android atau iOS, buka Facebook dan grup pengguna melalui menu sebelah kiri > klik What's on your mind, ...? > klik tombol Schedule dengan ikon jam lalu ketuk slider untuk mengaktifkan opsi Schedule Post > pilih tanggal dan waktu publikasi yang diinginkan > ketuk keluar dari pop-up untuk kembali ke postingan > klik Schedule di kiri atas.

Jika postingan terjadwal di Facebook tidak berfungsi, periksa kembali zona waktu. Pengguna harus menjadwalkan postingan berdasarkan zona waktu. Menjadwalkan postingan ini tidak tersedia untuk halaman pribadi.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Tahap Uji Coba, Pengguna Bisa Melihat Instagram Stories Lewat Facebook