Minggu, 06 Desember 2020

Bareng Microsoft, Walmart Juga Ingin Beli TikTok

Sedang dalam tekanan pemerintah AS, TikTok malah menarik pehatian banyak perusahaan.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)

Hitekno.com - Tekanan pemerintah Amerika Serikat kepada TikTok masih jadi sorotan. Berbagai pihak malah berminat untuk membeli layanan berbagi video tersebut, termasuk Walmart dan Microsoft.

Diwartakan The Verge, Walmart mengatakan akan menggandeng Microsoft untuk mengambil alih bisnis TikTok di AS. Akankah keduanya berkolaborasi untuk mendapatkan layanan video dari China ini?

Perusahaan ritel terbesar AS itu mengatakan bahwa TikTok akan digunakannya untuk mengembangkan bisnis iklan dan marketplace. Pengumuman ini muncul setelah beredar rumor bahwa Microsoft tinggal selangkah lagi menguasai TikTok di AS.

"Kami percaya bahwa kemitraan Walmart dan Microsoft akan bisa memenuhi harapan pengguna TikTOk di AS dan sekaligus memuaskan pemerintah," bunyi pernyataan Walmart.

Jika terwujud, maka ini bukanlah kemitraan pertama antara dua perusahaan. Microsoft dan Walmart sekitar dua tahun lalu pernah bermitra untuk melawan dominasi Amazon.

Walmart ingin membeli TikTok. (Shutterstock)
Walmart ingin membeli TikTok. (Shutterstock)

 

Ketika itu Walmart sepakat untuk menggunakan software Azure dan Microsoft 365 di semua bisnisnya, termasuk proyek baru yang fokus pada kecerdasan buatan, platform data, serta machine learning.

Pengumuman Walmart ini mengemuka berbarengan dengan mundurnya CEO TikTok, Kevin Mayer. Dalam pernyataan resminya, Mayer mengaku bahwa tekanan politik pemerintah adalah alasannya angkat kaki.

Presiden Donald Trump belum lama ini meneken sebuah dekrit yang isinya mengultimatum TikTok untuk menjual bisnisnya di AS ke perusahaan lokal dalam waktu 90 hari. Jika tidak, maka TikTok akan dilarang di negara itu.

Microsoft adalah perusahaan pertama yang mengaku tertarik membeli TikTok. Selain itu, ada pula Oracle dan Netflix. TikTok sendiri telah mengajukan gugatan untuk melawan dekrit Trump yang dinilai semena-mena.

Akankah Walmart bergabung dengan Microsoft untuk mengakuisisi layanan TikTok di AS? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Terkait

Terkini