Jum'at, 25 September 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 29 Agustus 2020 | 07:30 WIB

Hitekno.com - Penerapan protokol kesehatan jadi penting di masa memasuki kebiasaan baru, terlebih di ruang publik. Karena itu, Gojek menggandeng Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) untuk berkolaborasi dengan GoTix.

GoTix, yang merupakan platform ticketing LOKET serta bagian dari ekosistem Gojek, bersama dengan MASATA memperkenalkan inovasi terkini, GoTix Super Partner, untuk mendorong penerapan standarisasi kebersihan oleh pengelola destinasi wisata dan atraksi.

Melalui GoTix Super Partner, destinasi wisata dan atraksi dipastikan akan memenuhi tiga syarat utama
yaitu:

  1. Jumlah pengunjung tidak lebih dari 50%
    GoTix mengaktifkan fitur manajemen kapasitas dan sistem yang mendukung alokasi pengaturan
    waktu bagi pengunjung agar tidak terjadi penumpukan pengunjung dalam sekali kunjungan.
  2. Standar kebersihan terpenuhi
    GoTix melakukan penilaian secara berkelanjutan terhadap kebersihan di destinasi wisata dan
    atraksi, termasuk survei setiap bulan ke destinasi wisata dan atraksi oleh MASATA untuk
    memastikan pelaksanaan standarisasi kebersihan.
  3. Sosialisasi kebiasaan baru di destinasi wisata
    GoTix dan MASATA secara rutin menggelar seminar virtual untuk mensosialisasikan kebiasaan
    baru yang harus diikuti oleh pengunjung. Seminar virtual akan ditayangkan di situs pengelola
    destinasi wisata atau atraksi maupun di platform GoTix dan situs www.go-tix.id.

Head of LOKET Tubagus Utama mengungkapkan, "Sebagai perusahaan teknologi manajemen event terpercaya di Indonesia, kami terus berupaya menjalankan komitmen untuk mendukung industri event dan entertainment agar tetap optimal di masa adaptasi kebiasaan baru, dengan semakin mengedepankan aspek kesehatan, kebersihan, dan keamanan (J3K). Selama periode ini, protokol kesehatan dan kebersihan merupakan syarat dasar dalam menjalankan usaha yang melibatkan pengunjung. Sebagai platform ticketing bagian dari LOKET, GoTix hadir untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses dan membeli beragam tiket event hiburan, termasuk destinasi wisata dan atraksi. MASATA yang memiliki komitmen dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Indonesia merupakan mitra yang tepat bagi kami dalam merangkul para pengelola destinasi wisata dan atraksi Indonesia agar bahu-membahu menerapkan protokol kebersihan di lokasi, demi keamanan dan kenyamanan bersama."

Contoh Pembelian Tiket di GoTix. (dok. Gojek)

 

Melalui program GoTix Super Partner, GoTix mendorong para pengelola destinasi wisata dan atraksi untuk menerapkan protokol yang mengacu pada organisasi kesehatan resmi, dengan memanfaatkan platform reservasi online yang dilengkapi fitur manajemen kapasitas.

Dengan dukungan MASATA, program GoTix Super Partner juga akan mengedukasi standar-standar yang perlu diterapkan oleh pengelola destinasi wisata dan atraksi selama masa tatanan hidup baru.

Ketua Umum Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Panca R Sarungu menyatakan kerja sama ini adalah sebuah kolaborasi partisipatif antar perusahaan super app dengan gerakan pariwisata berbasis komunitas untuk ikut mendorong perekonomian namun tetap menjaga kenyamanan dan keamanan.

"Kami berharap sosialisasi tempat berwisata yang melibatkan banyak UMKM khususnya yang menerapkan protokol kesehatan dapat terinformasi dengan baik kepada masyarakat khususnya 125 juta pengguna Gojek di seluruh indonesia," lanjut Panca.

"Pengurus daerah kami secara suka rela akan bekerja sama dengan pemilik lokasi wisata, untuk turut aktif memikirkan atraksi baru yang dapat ditawarkan pada pengguna aplikasi Gojek."

Dalam penerapan kerja sama ini, MASATA mengadaptasi protokol kesehatan yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu pada prinsip Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE).

Para mitra wisata dan atraksi yang bergabung dalam GoTix Super Partner akan mendapatkan kesempatan untuk memperluas jangkauan pengunjung melalui eksposur optimal di platform GoTix pada aplikasi Gojek dengan mengenakan tanda Hygiene Protocol Applied.

Selain itu mitra dapat menjadi percontohan bagi para pelaku destinasi wisata dan atraksi lain di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya menyatakan dukungan dalam upaya memastikan standarisasi kebersihan di destinasi wisata dan atraksi, "Kami mengapresiasi Gojek yang secara cepat dan tanggap mendukung pemerintah untuk mensosialisasi dan mengimplementasi protokol kesehatan InDOnesia CARE melalui inisiatif GoTixSuper Partner. Upaya untuk menyukseskan ‘InDOnesia CARE’ ini perlu didukung oleh berbagai pemangku kepentingan termasuk pihak swasta dan kami berharap inisiatif Gojek ini dapat menjadi contoh bagi pihakpihak lainnya."

Langkah penerapan protokol kebersihan dalam GoTix Super Partner diharapkan dapat membantu menciptakan kesadaran para pengelola destinasi wisata dan atraksi hiburan untuk menerapkan standar protokol yang tepat demi keamanan dan kenyamanan pengunjung. GoTix dan MASATA akan secara aktif menyuarakan gerakan standarisasi kebersihan ini demi mendukung penuh tatanan hidup baru di ruang publik wisata dan atraksi.

Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung atas kebersihan dan tingkat higienitas destinasi sehingga mereka merasa aman dan nyaman selama kunjungan.

Kolaborasi ini pun sejalan dengan Kampanye Penerapan Protokol Kesehatan ‘InDOnesia CARE’ yang baru-baru ini diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif luncurkan untuk menghadirkan destinasi wisata dan atraksi yang mengedepankan sanitasi, higienitas, dan pelayanan tanpa kontak langsung.

BACA SELANJUTNYA

Gerakkan Sineas Tanah Air, Ini 5 Judul Baru GoPlay Original