Rabu, 28 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 27 Agustus 2020 | 15:23 WIB

Hitekno.com - Sebuah postingan di media sosial mengklaim adanya informasi yang menyebut tabung gas LPG memiliki masa kadaluwarsa.

Klaim masa kadaluwarsa tabung gas LPG tersebut dipostingkan oleh akun Facebook Icon Antaso pada Rabu (5/8/2020).

Dalam unggahannya, Icon Antaso menyebutkan bahwa informasi tersebut berasal dari karyawan PT. Gas Negara.

Selain itu, ia juga menghimbau siapa saja yang akan membeli gas untuk mengecek terlebih dahulu kapan masa pakai tabung berakhir. Ia mengatakan, masa kadaluwarsa tabung gas ditulis dalam bentuk "Alfa Code".

Adapun kabar lengkap yang diunggah oleh akun Facebook Icon Antaso tersebut adalah sebagai berikut:

Info dr karyawan PT. Gas Negara
Setelah kejadian tabung elpiji meledak di Pizza Hut Bekasi juga di beberapa daerah. Maka mari kita lebih berhati2 dan waspada. Jgn sampe menimpah pd kita atau kluarga.
TABUNG gas elpiji ada masa kadaluwarsanya.
Jika anda membeli gas, harap diperiksa terlebih dahulu, kapan TABUNG tersebut berakhir masa pakainya?
Penulisan kadaluwarsa berupa “ALFA CODE”. Contoh: “A 18”
A = Januari – Maret
B = April – Juni
C = Juli – September
D = Oktober – Desember
maka A 18 adalah :
Jan – Mar tahun 2018.
Sebarkan pengetahuan ini , barangkali anda bisa menyelamatkan seseorang. Ini penting karena tabung gas yang sudah kadaluwarsa bisa berbahaya.”

CEK FAKTA: Benarkah Tabung Gas LPG Ada Masa Kadaluwarsanya? (Turnbackhoax.id)

Lantas apakah benar tabung gas LPJ memiliki masa kadaluwarsa?

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran dan cek fakta turnbackhoax.id - jaringan suara.com, klaim yang mengatakan bahwa gas LPG memiliki kode masa kadaluwarsa tersebut merupakan klaim yang salah.

Kode yang dimaksud bukan menunjukkan masa kadaluwarsa, melainkan tanggal uji ulang tabung gas. Tabung gas yang beredar memiliki usia teknis yakni 25 tahun. Setiap 5 tahun, tabung gas tersebut diuji ulang secara total di Retester.

Klaim ini sebenarnya sudah lama beredar, sejak 2016 pasca peristiwa meledaknya tabung LPG di Pizza Hut Delivery (PHD) Pondok Melati, Bekasi.

Pada tahun 2016, VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan bahwa kode tersebut bukan merupakan tanggal uji ulang dan bukan tanda masa kadaluwarsa. 

Wianda pada 16 November 2016 mengeluarkan keterangan tertulis yang menjelaskan bahwa secara normal, tabung LPG memiliki usia teknis 25 tahun. Dimana setiap lima tahun sekali diuji ulang secara total di Retester. Informasi tersebut terdapat pada stempel yang terletak di sisi samping handguard.

Berikut adalah contoh tulisan pada stempel tersebut:
I : 0316 berarti telah diuji ulang Maret 2016. Jika masih kosong berarti belum diuji ulang karena asih baik dan tidak bocor.
II :
III :
IV :

Wianda menuturkan, pengecekan tabung gas dilakukan setiap masuk Stasiun Pengangkutan dan Pengisian Bulk Elpiji (SPPBE). Jika secara visual tabung gas tampak bocor atau terindikasi rusak sebelum lima tahun, tabung tersebut akan diuji ulang (retes, repair, atau repaint). Jika tabung gas terindikasi kurang layak edar, tabung gas tersebut akan disortir dan selanjutnya dikirim ke Retester.

Jika kondisi tabung gas kusam tetapi tidak bocor atau rusak, hanya akan di-repaint. Menurut Wianda, informasi tentang tanggal uji ulang sudah tertera dalam stempel bercat putih pada tabung gas. Inisial Retester yang melakukan uji ulang tersebut juga terdapat pada bagian bawah tabung dekat foot ring, biasanya berkode huruf dan bukan angka.

Senada dengan Wianda, Manager External Communication PT Pertamina Arya Dwi Paramita juga menuturkan bahwa tidak ada angka kadaluwarsa yang tertera pada tabung gas LPJ berbagai ukuran.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah pun dalam situs resmi PT Pertamina pada 16 September 2019 lalu menegaskan bahwa tidak ada istilah tabung gas LPG yang kadaluwarsa.

Kode yang ada pada tabung gas LPG tersebut menunjukkan tahun dimana tabung gas LPG harus dites ulang.

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan bahwa Tabung Gas LPG Ada Masa Kadaluwarsanya adalah klaim yang tidak benar. (Suara.com/ Hernawan).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Bioskop Buka, Tapi Penonton Harus Keluar Tiap 30 Menit?