Rabu, 28 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 Agustus 2020 | 15:49 WIB

Hitekno.com - Beredar postingan foto di media sosial yang disertai narasi adanya sosok dengan baju putih di Gedung Kejaksaan Agung seusai tragedi kebakaran.

Dalam narasi tersebut disebut ada sosok berbaju putih dengan tangan ke belakang tengah berada di gedung.

Foto beserta narasi tersebut dikabarkan oleh pemilik akun Facebook bernama  Cahaya Mulya pada Senin (24/8/2020).  Unggahan Cahaya Mulya ini telah dibagikan sebanyak 5 kali.

Adapun narasi yang dibuat akun Facebook Cahaya Mulya tersebut adalah sebagai berikut:

Penampakan baju putih tangan ke belakang setelah tragedi kebakaran. Kenapa bukan pas kebakaran dia disitu ya.

Hoax Penampakan Baju Putih Setelah Tragedi Kebakaran Kejagungn (turnbackhoax.id)

Lantas apakah benar ada sosok berbaju putih dengan tangan ke belakangan usai tragedi kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id - jaringan suara.com, klaim tentang sebuah foto bernarasi "penampakan baju putih dengan tangan ke belakang setelah tragedi kebakaran" tersebut merupakan klaim yang salah.

Pasalnya, foto tersebut ternyata merupakan hasil suntingan.

Pada foto identik yang beredar, tidak ditemukan penampakan sosok orang berbaju putih sebagaimana dimaksud.

Setelah diusut, foto asli pria berbaju putih tersebut adalah foto Presiden Jokowi saat meninjau kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, pada tahun 2018 silam.

Foto identik dalam unggahan akun Facebook Cahaya Mulya tersebut pernah dimuat dalam berbagai media. Dalam foto identik tersebut, sama sekali tidak terlihat adanya penampakan seseorang berpakaian putih dengan tangan ke belakang usai Gedung Kejaksaan Agung terbakar.

Selain itu, foto Presiden Joko Widodo saat meninjau penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau yang ikut disunting ke dalam foto hoax tersebut pun pernah dimuat oleh sejumlah media.

Salah satunya dalam artikel situs kompas.com yang berjudul "Kunjungan Jokowi di Riau, Rapat hingga Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan". Artikel ini terbit pada Selasa (17/9/2019).

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas,  dapat disimpulkan bahwa foto yang menunjukkan adanya sosok berbaju putih dengan tangan ke belakang di Gedung Kejaksaan Agung pasca terjadinya kebakaran merupakan klaim yang tidak benar. Foto tersebut adalah hasil suntingan.

Itulah hasil cek fakta pada foto dengan narasi adanya penampakan sosok berbaju putih di Gedung Kejaksaan Agung pasca terjadinya kebakaran yang ternyata tidak benar. (Suara.com/ Hernawan).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Jokowi Pura-pura Tinjau Tol saat Didemo Omnibus Law?