Selasa, 20 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 Agustus 2020 | 11:00 WIB

Hitekno.com - Seorang nenek 68 tahun di Malaysia kehilangan uang ratusan juta dibawa kabur kekasih yang dikenal lewat internet, alias pacar online.

Menyadur The Star, Senin (24/8/2020), perempuan lanjut usia ini merugi hingga 257 ribu ringgit Malaysia atau sekitar Rp 909 juta.

Kepala Departemen Investiagsi Kejahatan Komersial Johor Mohd Salleh Abdullah mengatakan lansia ini terjerat sindikat penipuan online yang dilakukan oleh seorang pria yang dikenal korban tiga tahun lalu.

Sejak perkenalan pertama melalui aplikasi Facebook, keduanya lantas dekat dan menjalin hubungan spesial.

"Dia (pelaku) berhasil meyakinkan lansia ini bahwa ia ingin menikahinya," ujar Abdullah.

Korban tertipu usai diminta si pelaku untuk membayar pajak dan bea cukai untuk bisa mencairkan transferan uang yang nantinya akan digunakan untuk membeli mobil dan rumah.

Pelaku yang mengaku tidak berada di Malaysia ini berjanji akan mengirimkan uang sebesar 3,13 juta ringgit Malaysia atau sekitar Rp 11 miliar untuk membeli mobil dan rumah tersebut.

Ilustrasi kisah cinta. (Pexels)

 

Dengan dalih menggunakan jasa trasnsfer dari Amerika Serikat, pelaku meminta korban untuk menbayar biaya pajak dan bea cukai sebesar 300 ribu ringgit Malaysia, agar uang dari pelaku bisa cair.

"Dia kemudian dihubungi oleh seseorang yang menyamar sebagai agen pengirimian uang di Kuala Lumpur, memintanya untuk membayar pajak dan bea cukai sebesar RM 300.000," kata Abdullah.

Perempuan tersebut, sambung Abdullah, terpaksa menggunakan uang tabungan almarhum suaminya, hingga meminjam dair teman untuk melakukan pembayaran pajak dan bea cukai.

Hingg akhirnya, korban menyadari telah ditipu selepas si agen terus menerus meminta kiriman uang, melebihi yang dikatakan kekasihnya.

Lansia ini lantas mengajukan laporan ke kantor polisi Pusat Johor Baru pada Jumat (22/8) lalu.

Atas kejadian ini, Abdullah mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terpancing dengan taktik yang digunakan oleh penipuan online dengan dalih hubungan spesial.

Itulah kisah nenek 68 tahun di Malaysia yang tertipu pacar online. Dijanjikan akan menikah, malah bawa kabur ratusan juta rupiah. (Suara.com/ Fitri Asta Pramesti).

BACA SELANJUTNYA

Goyang Upin Ipin Dikecam Netizen Malaysia, Dianggap Terlalu Mesum?