Selasa, 22 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 17 Agustus 2020 | 17:15 WIB

Hitekno.com - Sekolah online atau sistem pembelajaran jarak jauh ada saja kendala yang dihadapi, selain akses internet beberapa penjelasan guru saat sekolah online terkadang tidak bisa ditangkap dengan baik oleh murid. 

Seperti halnya video presentasi murid yang bikin ngakak karena salah paham ini. 

Dibagikan oleh akun Twitter @daniellsinaga pada 10 Agustus, pemilik akun mengunggah video berdurasi 58 detik merekam tangkapan layar ponsel seorang guru biologi, yang tengah menjelaskan tentang bagian bunga.

Pada bagian atas kiri terlihat lingkaran kecil layar yang menampilkan wajah seorang guru lelaki yang tengah menjelaskan bagian bunga tersebut.

Dalam video itu, ia memberikan tugas kepada para muridnya untuk menggambar kembali bagian bunga dan menjelaskan fungsinya.

Namun, salah seorang muridnya membuat tugas tersebut dengan kalimat yang sama seperti yang diucapkan oleh sang guru itu sebelumnya. Ketika guru tersebut mengatakan bahwa "fungsi mahkota adalah ini ini ini ini", murid tersebut pun melakukan hal serupa.

Padahal, yang dimaksud guru tersebut adalah menjelaskan fungsi bagian bunga sesuai dengan materi yang telah diberikannya di dalam video tangkapan layar tersebut. Hal itu terlihat ketika seorang murid perempuan menjelaskan bagian bunga yang telah digambarnya di depan kamera.

"Assalamualaikum, saya akan menjelaskan bagian-bagian bunga dan fungsi-fungsinya. Ini adalah mahkota bunga. Fungsinya ini ini ini ini. Ini adalah kepala sari. Fungsinya ini ini ini, dan ini selanjutnya adalah benang sari. Fungsinya ini ini ini. Terima kasih," ucap murid tersebut ketika mempresentasikan bagian bunga.

Video yang telah ditonton sebanyak lebih dari 299.000 penayangan ini pun menarik perhatian warganet. Tak sedikit warganet yang menilai bahwa murid tersebut benar-benar meniru sesuai dengan ucapan gurunya.

"Hasil pembelajaran jarak jauh satu ini luar biasa," tulis pemilik akun @daniellsinaga dalam kolom keterangan.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebihb dari 7.900 kali ke sesama pengguna Twitter itu juga menuai beragam komentar dari warganet.

Balada pembelajaran jarak jauh yang bikin ngakak. [Twitter]

"Terjadi miskonsepsi wkwk," tulis akun @zakiyyahayuni.

"Hahaha kalau SD memang masih perlu didampingi ya," komentar @galuholics.

"Ya ampun ditelan mentah-mentah," tambah @dssyyty.

"Pak Nadiem menangis melihat ini," cuit @BodoamatSpace.

"Ya nggak salah juga sih muridnya wkwk," ungkap @mayawkd.

Unggahan video presentasi murid saat sekolah online bikin ngakak ini lantas viral dan mendapatkan lebih dari 10 ribu likes. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Sekolah Online, Indosat Ooredoo Siapkan Platform API Gift Data dan Jaringan