Minggu, 01 November 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 15 Agustus 2020 | 11:30 WIB

Hitekno.com - Gorengan banyak digemari karena selain enak, juga murah meriah. Namun beda dengan tahu isi yang membuat geger netizen hingga viral di media sosial ini.

Beredar potret gorengan yang dijajakan oleh netizen di media sosial. Meski menu yang disajikan sederhana, tetapi harga yang dipatok dinilai kelewat mahal.

Menanggapi hal tersebut, netizen menyindir, gorengannya yang dijual itu berlapis  emas.

Akun twitter @txtdarionlshop membagikan foto tangkapan layar unggahan seorang netizen yang ingin menawarkan jajanannya kepada rekan-rekannya di media sosial.

Barang yang dijual berupa makanan, yakni gorengan, terdiri dari bakwan jagung, tahu isi, dan tempe tepung. Dalam keterangannya disebutkan, makanan dijual dalam keadaan panas dan dijamin membuat ketagihan.

Namun, hal yang menarik dari unggahan pada Selasa (11/8/2020) tersebut adalah, harga yang dituliskan cukup fantastis. Tahu isi saja dijual seharga Rp1 juta.

Dari daftar harga yang dibagikan, tahu isi dihargai 1.000k alias Rp1 juta. Kemudian, bakwan dijual 500k, atau Rp500.000, dan tempe dijual dengan harga setengah juta rupiah.

Seorang warganet menawarkan dagangannya ke media sosial dengan harga fantastis. - (Twitter/@txtdarionlshop)

 

Sejak diunggah, tangkapan layar ini sudah mendapatkan ratusan respons dari netizen. Di antaranya ada 900 lebih retweets dan 6 ribu lebih komentar.

Untuk harga makanan ringan serupa gorengan, harga yang dicantumkan dinilai terlalu fantastis. Diduga pedagang tersebut salah memahami penggunaan huruf 'k' untuk menggambarkan nominal.

Saat ini, tidak sedikit pengusaha kuliner yang menggunakan huruf 'k' untuk menjelaskan kelipatan seribu, di mana ketika sebuah angka diikuti huruf k, mananya sama dengan tiga angka 000 atau ribuan.

Huruf 'k' biasanya digunakan untuk mempersingkat penulisan juga untuk menghemat tempat. Namun, masyarakat juga harus jeli dalam menggunakannya agar tidak menimbulkan salah tafsir.

Unggahan akun @txtxdarionlshop itu sendiri membuat banyak netizen tergelitik.

Gorengan mahal harganya bikin melongo. [Twitter]

 

Sambil bercanda, ada yang mengira tahu isi yang dijual berisikan perhiasan emas hingga menebak bahan yang digunakan serta asalnya.

"Bahan-bahannya pasti dari daerah konflik," tulis akun @yaelahyann_.

"Berfikir baik aja, barangkali bahan-bahannya itu kualitas premium bukan pertamax," komentar akun @widiassst sambik bercanda.

"Anj** isi dompet gua gaK Sanggup beli satu tempe," tulis akun @Alexandre_Malih.

Sementara akun @tiaraa_c berkomentar, "Tempe 1000k bisa jadi mahar. Dengan mas kawin tempe 1000k dibayar panas."

"Pasti gorengannya pake lapisan emas," komentar akun @Kelinci30.

Itulah gorengan yang viral di media sosial, apakah tahu isi harus berharga Rp 1 juta? (SuaraJogja.id/ Mutiara Rizka Maulina).

BACA SELANJUTNYA

Mengaku Dapat Rp 1.500 Per Hari, Ternyata Pemulung Ini Punya Rumah Tingkat