Kamis, 22 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 12 Agustus 2020 | 15:00 WIB

Hitekno.com - Sebuah soal kalkulus belum lama ini jadi viral di media sosial setelah menarik perhatian netizen. Pasalnya, dibuat menggunakan aksara jawa.

Soal kalkulus dengan aksara jawa ini pun membuat netizen menyerah untuk mengerjakannya.

Unggahan tentang soal kalkulus menggunakan aksawa Jawa ini dibagikan oleh akun Twitter @collegemenfess pada Senin (10/8/2020).

Dalam soal itu terdapat beberapa soal kalkulus seperti menghitung limit, Integral, Persamaan Diferensial, Fungsi Spesial, hingga Teori Himpunan.

Yang menjadi perbedaan adalah tidak ada satupun angka yang ditulis menggunakan aksara latin seperti yang selama ini diajarkan di sekolah-sekolah.

Soal kalkulus dengsan Aksara Jawa. (Twitter/ collegemenfess)

 

Angka dan aksara latin itu diganti dengan aksara Jawa kecuali simbol dan lambang matematika seperti tambah (+), kurang (-), pangkat, hingga akar.

Kontan, soal kalkulus yang viral di media sosialitu membuat netizen menyerah mengerjakannya.

"Mau nangis kalau kalkulus kayak begini angka aksara Jawa," tulis @collegemenfess.

"Kalkulus susah dikerjain, angka aksara Jawa susah dibaca. Dapat soal kalkulus pakai aksara Jawa, kelar hidup lu," tulis netizen.

"Ku jawab mboten ngertos (tidak tahu) semua kali ya itu ntar. Atau enggak ∞, alias Aksara Jawa dihabungin sama rumus itu semua yang bikin kebodohanku tak terhingga," komentar netizen lain.

"Matematika zaman Majapahit ternyata lebih sadis," imbuh netizen berkomentar.

Itulah soal matematika dengan aksara jawa yang viral di media sosial. Apakah kamu bisa mengerjakannya? (Suara.com/ Farah Nabilla).

BACA SELANJUTNYA

Diduga Kena Hipnotis, Pria Ini Bolak-balik Isi Pulsa Hingga Jutaan Rupiah