Sabtu, 19 September 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 29 Juli 2020 | 17:03 WIB

Hitekno.com - Beredar foto yang menampilkan Presiden Joko Widodo atau jokowi sedang memegangi plakat Silver Play Button dari YouTube.

Postingan foto membuat ramai karena menggunakan narasi Jokowi mendapatkan Silver Play Button karena capaian kasus COVID-19 di Indonesia.

Foto tersebut diunggah oleh akun Twitter @pondoxcina pada 27 Juli 2020. Pada plakat tersebut tertulis 'Penghargaan untuk Jokowi atas 100.000 kasus Covid'.

Berikut isi narasi cuitannya:

"Selamat pak Jokowi 100k-nya".

Fakta Jokowi dapat plakat Silver Play Button karena Covid-19 (antara)

 

Benarkah klaim foto Jokowi dapat Silver Play Button dari YouTube karena kasus COVID-19 tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran tim CekFakta Suara.com, Rabu (29/7/2020), klaim yang menyebut Jokowi mendapatkan plakat Silver Play Button dari YouTube karena kasus Covid-19 adalah klaim yang salah. Faktanya, Jokowi tidak mendapatkan plakat tersebut.

YouTube Silver Play Button merupakan sebuah plakat yang diberikan oleh YouTube bagi channel YouTube yang telah memiliki subscriber diatas 100.000 pengguna.

Unggahan akun Twitter tersebut merupakan unggahan satir menyusul numlah kasus Covid-19 di Indonesia yang terkonfirmasi melebihi 100 ribu kasus. Tercatat hingga Selasa (28/7/202020) jumlah kasus Covid-19 mencapai 100.303 kasus.

Fakta Jokowi dapat plakat Silver Play Button karena Covid-19 (antara)

Foto yang diunggah oleh akun Twitter tersebut merupakan hasil suntingan atau editan. Dikutip dari Antara, foto aslinya merupakan foto karya pewarta foto Antara Akbar Nugroho Gumay saat Presiden Jokowi membagikan sertifikat tanah untuk masyarakat di Gelanggang Remaja Pasar Minggu, Jakarta pada 22 Februari 2019.

Dalam foto aslinya, Jokowi sedang memegang sertifikat tanah di atas podium. Bukan memegang plakat Silver Play Button.

Fakta Jokowi dapat plakat Silver Play Button karena Covid-19 (antara)

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut Jokowi mendapatkan Silver Play Button karena kasus Covid-19 adalah klaim yang salah.

Klaim Jokowi dapat Silver Play Button YouTube karena kasus COVID-19 tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Pertamina Bakal Hapus Premium dan Pertalite?