Jum'at, 25 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 27 Juli 2020 | 17:00 WIB

Hitekno.com - Mungkin beberapa dari kalian merasa takut lupa mengirim email karena mengingat jadwal yang semakin sibuk, atau di zona waktu yang berbeda. 

Gmail menawarkan fitur penjadwalan email yang bisa dilakukan dengan mudah, pengguna bisa mengatur waktu yang ditentukan. 

Dilansir dari The Verge, Senin (27/7/2020), berikut cara menjadwalkan email di Gmail dengan mudah:

1. Cara menjadwalkan email di Gmail melalui browser

Gmail membuat proses ini sangat mudah. Setelah pengguna membuat konsep email, klik panah di sebelah tombol Send (Kirim) berwarna biru > klik Schedule Send > klik salah satu opsi penjadwalan.

Jika pengguna memilih tombol "Pick date & time" (Pilih tanggal & waktu) di bagian bawah pop-up window, pengguna dapat mengatur tanggal dan waktu kapan pun yang diinginkan untuk mengirim email. Kemudian klik "Schedule Send".

2. Cara menjadwalkan email di Gmail melalui aplikasi seluler

Pengguna juga dapat menjadwalkan email di aplikasi seluler Gmail. Setelah menulis email, ketuk tiga titik di sudut kanan atas > pilih "Schedule send" dari opsi di bagian bawah layar (iOS) atau menu drop-down (Android).

Ilustasi Gmail di smartphone. [Shutterstock]

Sama seperti versi browser, pengguna dapat memilih tanggal dan waktu yang disarankan Gmail atau memilih tombol "Pick date & time" (Pilih tanggal & waktu) untuk menyesuaikan tanggal dan waktu sesuai keinginan pengguna. Kemudian ketuk "Save" di sudut kanan atas pop-up window (iOS) atau ketuk "Schedule send" di sudut kanan bawah (Android).

Baik menggunakan browser atau aplikasi, email tersebut akan berada di dalam kotak Scheduled. Untuk mengeditnya, pengguna harus mengklik email dan kemudian mengklik "Cancel send".

Ini akan mengembalikan email menjadi bentuk konsep sehingga pengguna dapat melakukan perubahan dalam email. 

Selain itu, pengguna juga bisa menjadwalkan ulang email yang akan dikirim. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Ditemukan Bug Berbahaya di Gmail, Bisa Palsukan Email Kamu