Selasa, 11 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 27 Juli 2020 | 12:41 WIB

Hitekno.com - Sebuah postingan video di media sosial diklaim ada baju tentara China yang dicuci laundry di Kelapa Gading.

Klaimini dipostingkan Akun Facebook Dini Wahyuni Lubis pada 21 Juli 2020. Namun unggahan itu telah telah dihapus tak lama setelah videonya ramai menjadi perbincangan di jagat maya.

Video tersebut memperlihatkan beberapa baju loreng yang khas dipakai oleh militer. Ada aksara mandarin yang diklaim berasal dari China dan tertempel di baju tersebut.

Berikut ini narasi yang ditulis oleh akun Facebook Dini Wahyuni Lubis untuk video itu.

"Baju tentara China di cuci Laundry di Kelapa Gading….Parah nih udah banyak tentara China,udah siap perang kynya (emotikon marah)."

Cek fakta, video yang diklaim baju tentara China dicuci laundry di Kelapa Gading (Turnbackhoax.id)

Benarkah baju tentara China dicuci laundry di Kelapa Gading?

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Minggu (26/7/2020), video yang diklaim akun Facebook Dini Wahyuni Lubis sebagai baju tentara China dicuci laundry di Kelapa Gading adalah tidak benar.

Seragam yang terlihat pada video bukan milik tentara China melainkan baju militer Korea Selatan. Hal tersebut diklarifikasi oleh Koordinator Indonesia Tionghoa Culture Centre (ITCC) Andree So.

"Bukan Tiongkok itu. Huruf Mandarin itu ribet. Kalau itu kan simple," pungkas Andree, dilansir dalam artikel Jawa Pos di pressreader.com, Kamis, 23 Juli 2020.

Kontributor di Komunitas Pemerhati Aviasi dan Pertahanan, Enrico Aryyaguna juga membantah klaim postingan akun Facebook Dini Wahyuni Lubis tersebut.

Enrico menjelaskan bahwa tulisan pada seragam tersebut merupakan aksara Hangeul yang menunjukkan nama khas Korea Selatan. Aksara Hangeul pada badge bertuliskan nama Kim Seg Wanga atau Kim Se Kwang, sementara beberapa emblem diketahui menunjukkan lambang satuan dari militer Korea Selatan.

"Itu sejenis seragam wajib militer dari Korea Selatan. Saya lihat ada satu emblem yang bentuknya identik dengan divisi infanteri tahap II. Itu yang ada satu bulat merah," ujar Enrico.

Penjelasan Cek Fakta, terdapat aksara Hangeul identik seragam militer Korea Selatan (Turnbackhoax.id)

Polisi bahkan sampai memeriksa sejumlah tempat laundry di Kelapa Gading pasca video tersebut viral di media sosial.

Sebanyak 42 lokasi usaha laundry di Kelapa Gading telah diperiksa. Faktanya, tidak satupun tempat cuci pakaian itu yang tengah mencuci seragam seperti dalam klaim video itu.

"Kami ingin memberikan klarifikasi terkait video viral adanya seragam tentara China yang ada di Kelapa Gading. Dapat kami sampaikan dalam klarifikasi ini, kami telah melakukan pengecekan terhadap 42 usaha laundry yang ada di Kelapa Gading namun tidak menemui lokasi laoundry yang ada di video tersebut," kata Kapolsek Kelapa Gading Kompol Rango Siregar, dilansir okezone.com, Minggu (26/7/2020).

Kesimpulan

Jadi, cek fakta pada informasi yang disebarkan oleh akun Facebook Dini Wahyuni Lubis dengan klaim baju tentara China dicuci laundry di Kelapa Gading termasuk dalam Konten yang Menyesatkan atau Misleading Content. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Referensi

https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20200723/281646782458375

https://megapolitan.okezone.com/read/2020/07/26/338/2252217/viral-seragam-satu-batalyon-tentara-china-di-laundry-kelapa-gading-ini-kata-polisi

https://turnbackhoax.id/2020/07/26/salah-video-baju-tentara-china-di-cuci-laundry-di-kelapa-gading/

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Jokowi Siap Pindah Warga Negara Singapura Jika Lengser?