Rabu, 12 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 22 Juli 2020 | 06:45 WIB

Hitekno.com - Karena adanya penyebaran virus corona, seluruh sekolah di Indonesia terpaksa harus memberlakukan sekolah online. Demi keperluan sekolah online, ini cara buat Google Form untuk ujian dan tugas.

Sama seperti layanan Google lainnya, Google Form juga dapat kamu manfaatkan dengan gratis. Dengan layanan Google satu ini, seorang guru secara khusus akan dapat dengan mudah melangsungkan ujian layaknya sekolah biasa.

Syarat untuk dapat memanfaatkan layanan Google ini adalah dengan cukup memiliki akun Gmail. Pada umumnya, pengguna Android saat ini pasti sudah punya akun Gmail masing-masing untuk mengakses layanan Google.

Layaknya membuat soal ujian pada umumnya, menggunakan Google Form, kamu dapat membuat berbagai jenis soal seperti essay hingga pilihan ganda tergantung kebutuhan.

Untuk membuat soal ujian atau tugas dengan Google Form, kamu perlu masuk ke laman https://www.google.com/intl/id/forms/about/ selanjutnya piliha satu di antara dua layanan yang akan kamu gunakan yaitu Pribadi atau Bisnis.

Cara membuat Google Form untuk ujian dan tugas. (Google)

 

Jika kamu memilih pilihan Google Form Pribadi, kamu hanya perlu mengisi formulir yang menjadi media ujian online. Jangan lupa untuk mengisi judul ujian dan menghapus 'Untitled Form' dari kolom formulir tersebut.

Pada tahap ini, hampir semua proses membuat Google Form untuk ujian dan tugas sudah kamu lakukan. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengisi soal serta opsi pilihan ganda seperti soal ujian dan tugas biasanya.

Langkah selanjutnya, jika kamu ingin menambah soal lainnya, cukup memilih ikon plus (+) yang berada di samping kanan form tersebut. Sebelum melakukan input soal, kamu perlu untuk mengatur konfigurasi agar siswa dapat mengerjakan siap soal ujian dan tugas itu.

Cara membuat Google Form untuk ujian dan tugas. (Google)

 

Jangan lupa untuk mengatur email yang mengakses soal ujian dan tugas di Google Form tersebut. Pada pilihan 'Response Receipts', aktifkan pilihan 'Always' untuk menerima jawaban dari para siswa.

Selanjutnya pada poin 'Quizzes' aktifkan pilihan 'Make this a quiz' dan memilih 'Release grade' serta 'Immediately after each submission' atau 'Later, after manual review' untuk sistem pemeriksaan soal ujian dan tugas tersebut.

Kalau semua cara membuat Google Form untuk ujian dan tugas sudah kamu ikuti, maka proses sekolah online akan berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

BACA SELANJUTNYA

Gambar Voice Note di Lembar Jawaban, Tingkah Murid Ini Bikin Ketawa Gurunya