Jum'at, 14 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 15 Juli 2020 | 16:54 WIB

Hitekno.com - Sempat beredar kabar yang mengklaim ada rombongan jemaah haji dari Padang, Sumatera Barat akan berangkat menunaikan haji di tengah pandemi.

Kabar keberangkatan rombongan tersebut disampaikan oleh seorang pengguna Facebook bernama Asdar Ra'uuf Rauf.

Di sebuah grup Facebook bernama @Kebangkitan Islam Akhir Zaman, ia melampirkan sebuah foto bus yang tengah dalam perjalanan.

Bersamaan dengan foto tersebut, ia juga menulis jika para penumpang dalam bus tersebut adalah jemaah haji dari Padang.

"Rombongan jemaah haji Padang Sumatra Barat non via Depag berangkat ke bandara untuk selanjutnya menuju tanah suci menunaikan haji," demikian tulis akun @Asdar Ra'uuf Rauf mengawali unggahannya.

Kabar hoaks pelaksanaan haji tahun ini (Facebook/Turnbackhoax.id).

Namun, apakah kabar tersebut dapat dipercaya? Benarkah ada rombongan jemaah dari Padang yang berangkat haji tahun ini?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, diketahui bahwa kabar di atas adalah kabar hoaks. Kementerian Sumatra Barat telah menegaskan bahwa informasi tersebut adalah kabar bohong.

"Sudah saya cek ke Bidang Haji, sampai hari ini sudah dikonfirmasi nggak ada, nggak ada itu," kata Kasubag Umum dan Humas Kemenag Sumbar Eri Gusnedi, seperti dikutip dari Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com.

Selain itu, pelaksanaan haji tahun ini ditunda lantaran pandemi. Foto yang disertakan oleh akun @Asdar Ra'uuf Rauf juga merupakan foto tahun 2018 yang diunggah ulang. Foto tersebut pertama kali diunggah oleh akun Instagram @robbyrotanayulian.

KESIMPULAN

Dari penjelasan cek fakta di atas, maka dapat dipastikan bahwa informasi di atas adalah kabar hoaks atau kabar bohong. Tidak benar jika ada rombongan jemaah dari Padang yang berangkat haji tahun ini. (Suara.com/ Ruhaeni Intan).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Jokowi Siap Pindah Warga Negara Singapura Jika Lengser?