Rabu, 05 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 13 Juli 2020 | 15:26 WIB

Hitekno.com - Beredar postingan yang menampilkan sejumlah anggota Satpol PP Kota Makassar berpose dengan sepeda Brompton. Postingan berisi foto dan video ini pun jadi sorotan netizen.

Benarkah anggota Satpol PP tersebut mengendarai sepeda Brompton yang terkenal mahal?

Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @nikkichantikgm1. Ia membagikan ulang video YouTube dari TVOne berjudul 'Mahal! Satpol PP Ini Pakai Sepeda Produksi Inggris untuk Bekerja'.

Berikut narasi yang dituliskan oleh akun tersebut:

"Waduh Satpol PP pakai sepeda dengan harga Rp 100 an juta buatan Inggris. Kadang memang ngenes lihat pejabat publik suka banget memfoya-foyakan uang rakyat. Ini Satpol PP daerah mana ya?".

Satpol PP Kota Makassar pakai sepeda Brompton (Turnbackhoax.id)

Benarkah klaim anggota Satpol PP mengendarai sepeda Brompton tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan hasil cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Sabtu (11/7/2020), klaim yang menyebutkan sepeda Brompton yang dipakai oleh para anggota Satpol PP untuk bertugas sebagai bentuk pemborosan uang rakyat adalah klaim yang salah.

Sepeda Brompton tersebut bukanlah inventaris milik Satpol PP Kota Makassar.

Kepala Satpol PP Kota Makassar Iman Hud membenarkan bila dalam foto tersebut merupakan anggotanya. Namun, ia membantah bila sepeda Brompton tersebut dibeli dengan menggunakan anggaran daerah.

Sepeda mahal yang dipakai untuk berfoto oleh anggotanya bukanlah milik para anggota Satpol PP. Sepeda Brompton tersebut milik komunitas sepeda yang sedang berkunjung ke Rumah Jabatan Wali Kota Makassar pada 2019.

Saat para anggota sedang berjaga di rumah jabatan PJ Wali Kota Makassar saat itu, Iqbal Suhaeb, ia memerintahkan anggotanya berfoto menggunakan sepeda Brompton dan direkam dalam video.

"Bapak PJ Wali Kota Iqbal Suhaeb saat itu memerintahkan anggota kami untuk menggunakan sepeda tersebut bahkan berfoto dan mengendarainya," ungkapnya.

Iman Hud memastikan, selama melakukan patroli di jalanan anggotanya tetap menaiki kendaraan dinas Satpol PP. Tidak menggunakan sepeda Brompton.

"Saya heran juga, kok bisa itu foto baru tersebar dan heboh sekarang." paparnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut Satpol PP Kota Makassar menghamburkan uang rakyat untuk pembelian sepeda Brompton bagi para anggotanya adalah klaim yang salah.

Klaim Satpol PP Kota Makassar naik sepeda Brompton tersebut masuk dalam kategori konten yang salah. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah di Bandung Ada Kampus Pemujaan Setan?