Minggu, 09 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 01 Juli 2020 | 09:30 WIB

Hitekno.com - Ramai beredar sebuah foto penampakan ular dengan tubuh berbentuk seperti senapan laras panjang bertipe AK-47. Penampakan foto ini diklaim sebagai ular makan senapan karena kelaparan.

Foto yang diklaim ular makan senapan tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Moena Muhammad Khan. Berikut isi narasi unggahannya:

"Saking laparnya ular ini makan senapan laras panjang jenis AK 47."

Benarkah klaim ular makan senapan tersebut?

ular makan senapan laras panjang AK-47 (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Selasa (30/6/2020), klaim yang menyebut seekor ular memakan senjata laras panjang hingga tubuhnya berbentuk seperti senjata adalah klaim yang salah. Dalam foto tersebut bukanlah ular sungguhan, melainkan sebuah karya seni berbentuk ular.

Dikutip dari Hoaxes.id, gambar tersebut adalah gambar Ak-Phyton, karya seni rupa dari seorang seniman asal Rusia bernama Vasily Slonov.

ular makan senapan laras panjang AK-47 (Turnbackhoax.id)

Karya seni tersebut berupa karet yang dibentuk menyerupai ular. Bagian tubuhnya dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk senjata Ak-47.

Karya seni tersebut dibuat pada 2019 lalu dan telah dipamerkan di 11.12 Gallery.

ular makan senapan laras panjang AK-47 (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut seekor ular memakan senjata laras panjang karena kelaparan adalah klaim yang tidak benar.

Klaim ular makan senapan tersebut masuk dalam kategori false content atau konten yang salah. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah The Simpsons Telah Prediksi Ledakan di Lebanon?