Senin, 13 Juli 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 01 Juli 2020 | 08:30 WIB

Hitekno.com - Siapa sangka jika Indonesia pernah sukses mengalahkan klub sepakbola asal Inggris, Arsenal? Momen sejarah ini rupanya terjadi pada tahun 1983 lalu. Potret lawas yang diunggah @jadoel.ig mengungkap fakta tersebut.

Diunggah akun @jadoel.ig pada Senin (29/6/2020) lalu, potret saat Indonesia kalahkan Arsenal di Surabaya ini menjadi viral di Instagram dalam waktu singkat.

Menyambut kedatangan Arsenal yang tengah melakukan tur ke Indonesia pada Juni 1983, NIAC Mitra atau New International Amusement Center sebagai klub legendaris asal Surabaya ditantang untuk terlibat dalam permainan sepakbola melawan Arsenal.

Melansir dari Arsenal.com, saat itu Arsenal dilatih oleh Terry Neill melakukan tur Indonesia dimulai dari Medan, Jakarta, hingga Surabaya. Mendulang kemenangan di dua daerah, pertahanan Arsenal luluh usai melawan NIAC Mitra di Surabaya.

Dua gol kemenangan NIAC Mitra untuk Indonesia diraih oleh Fandi Ahmad dan Joko Malis. Tanpa balasan sama sekali, Arsenal harus kalah 2-0 dari tim asal Indonesia ini.

Indonesia kalahkan Arsenal tahun 1983. (instagram/jadoel.ig)

 

Padahal, dalam kunjungannya ke Indonesia, Arsenal diketahui memboyong beberapa pemain terbaiknya yaitu David O'Leary, Pat Jennings, Kenny Sansom, Brian Talbot, Alan Sunderland, hingga Graham Rix.

Begitu membanggakan, siapa sangka jika Indonesia pernah mengalahkan tim dunia yang mendapat sebutan The Gunners ini. Usai viral di Instagram, unggahan ini langsung saja mendapat berbagai komentar netizen.

"Ya ampun baru tahu, Arsenal berarti termasuk klub luar yang senang tandang ke Indonesia ya" balas netizen dengan akun @aldoank1980.

Indonesia kalahkan Arsenal tahun 1983. (instagram/jadoel.ig)

 

"Best" komentar akun @d24ly_ok singkat.

"Nah gue dulu pernah denger ini, tapi karena klubnya dari Surabaya, gue berspekulasi ini Persebaya yang ngalahin Arsenal. Teman-teman gue pada ngejek gue, katanya "mana mungkin klub Indonesia ngalahin klub besar Eropa" wkwk" ungkap akun @cion13 berkisah.

Viral di Instagram, unggahan mengenai potret lawas tahun 1983 saat Indonesia kalahkan Arsenal di Surabaya ini telah mendapat lebih dari 1.700 likes dan berbagai komentar netizen.

BACA SELANJUTNYA

Pengujian Internal 3 Indonesia: Jalan-jalan Virtual Cuma Butuh Kuota 30 MB