Minggu, 05 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 28 Juni 2020 | 21:00 WIB

Hitekno.com - Sebanyak 47 Aplikasi di Play Store ditemukan memuat iklan tersembunyi, hal ini diumumkan Avast  pada laman resminya Minggu (28/6/2020)

Deretan aplikasi berselimut iklan ini sudah diunduh oleh lebih dari 15 juta pengguna Android.

Analis Threat Avast, Jakub Vávra, mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan HiddenAds di dalam 47 aplikasi yang menawarkan game dan konten yang menghubungkan pengguna ke laman tertentu.

Dalam praktiknya, pengguna akan diminta untuk memberikan izin pengunduhan aplikasi yang membawa iklan tersembunyi. Baru setelah terpasang, iklan yang tadinya tidak terlihat langsung muncul di layar ponsel pengguna.

Parahnya, iklan itu semakin mengganggu karena akan tetap muncul meskipun pengguna tidak membuka aplikasi yang telah diunduhnya itu.

Jakub Vávra menyebut, iklan itu memang tidak berbahaya karena tidak membawa malware. Hanya, frekuensi iklan yang sering muncul bisa menguras baterai ponsel. Kerugian kedua bagi pengguna, tentunya rasa jengkel karena iklan bermunculan secara terus-menerus.

Aplikasi Antivirus dan Keamanan Terbaik Android, Avast Antivirus. [Google Play Store]

Parahnya lagi, sebagian aplikasi sulit dihapus atau di uninstall oleh pengguna karena ikon aplikasi mereka langsung tersembunyi.

Temuan ini pun sudah dilaporkan Avast kepada pihak Google. Tetapi baru bisa membasmi 30 aplikasi saja, sementara iti 17 aplikasi sisanya masih ada di Play Store. (Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Fitur Dark Mode Akan Segera Dirilis untuk WhatsApp Web