Jum'at, 14 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 26 Juni 2020 | 09:00 WIB

Hitekno.com - Beredar postingan di media sosial yang mengklaim kalau Wakil Presiden Maruf Amin mengaku dampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam rapat di instana kodok.

Informasi yang mengklaim postingan Wapres tersebut dibagikan oleh seorang pengguna Facebook Marlina Lina ke dalam grup Sahabat Aline Yoana tan belum lama ini.

Ia membagikan layar cuitan akun Twitter @Kiay_MarufAmin yang menggambarkan sosok Maruf Amin tengah melaksanakan rapat bersama Presiden Jokowi dan sejumlah orang lainnya.

"Hari ini saya mendampingi Presiden @jokowi memimpin rapat terbatas tentang Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 serta Antisipasi Kebakaran Hutann da Lahan yang dilaksanakan di Istana Kodok," demikian bunyi cuitan itu.

Sebagai keterangan, pengguna Facebook Marlina Lina kemudian menuliskan narasi sebagai berikut.

"Maruf Amin ngaku kalo grombolan mereka adalah kodok," demikian narasi akun tersebut.

Lantas benarkah unggahan yang mengklaim Wapres Maruf Amin sebut dampingi presiden rapat di istana kodok tersebut?

Maruf Amin disebut-sebut mengaku mendampingi Presiden Jokowi rapat di istana kodok. (turnbackhoax.id)

 

Penjelasan

Hasil cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim yang mengatakan Maruf Amin mendampingi Jokowi rapat di istana kodok dipastikan tidak benar.

Maruf Amin tidak pernah mengeluarkan pernyataan sedemikian rupa. Informasi yang beredar berasal dari akun palsu yang mengatasnamakan diri sebagai Maruf Amin.

Akun Twitter resmi milik Maruf Amin adalah @Kiyai_MarufAmin yang telah terverifikasi dengan tanda centang biru, sedangkan akun tersebut menggunakan nama @Kiay_MarufAmin.

Penjelasan Maruf Amin disebut-sebut mengaku mendampingi Presiden Jokowi rapat di istana kodok. (turnbackhoax.id)

Pada 23 Juni 2020, Wapres Maruf Amin memang sempat mengabarkan dirinya tengah mendampingi Presiden Jokowi dalam rapat terbatas penanganan Covid-19 dan antisipasi karhutla di Istana Merdeka

Namun cuitan tersebut telah dipelintir oleh akun palsu di bagian akhirnya yakni kata 'Merdeka' diganti dengan 'kodok' sehingga menimbulkan penafsiran lain.

Berikut cuitan asli Maruf Amin.

"Hari ini saya mendampingi Presiden @jokowi memimpin Rapat Terbatas tentang Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 serta Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan yang dilaksanakan di Istana Merdeka".

Kesimpulan

Hasil cek fakta pada Informasi yang menyebut Wapres Maruf Amin mendampingi Presiden Jokowi rapat di Istana kodok adalah palsu atau hoax. Informasi tersebut termasuk dalam ketegori manipulated content (konte.n manipulasi). (Suara.com/ Husna Rahmayunita).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Rockefeller Sosok di Balik Covid-19?