Senin, 13 Juli 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 25 Juni 2020 | 07:30 WIB

Hitekno.com - Jika semut pada umumnya suka dengan minuman atau makanan yang manis, netizen belum lama ini dibuat geger dengan foto wadah minyak goreng yang dipenuhi semut-semut. Bikin geger, dalam sains, fenomena ini disebut sebagai bunuh diri massal dalam dunia semut.

Foto minyak goreng yang menjadi lokasi matinya semut ini menjadi viral di Twitter usai diunggah akun @Chocomintheee pada Selasa (23/6/2020) lalu.

"Demi apapun ini gila banget" tulis @Chocomintheee.

Dalam cuitannya, netizen ini mengunggah foto wadah minyak goreng yang dipenuhi oleh semut merah yang telah tewas. Bukan main-main, bangkai semut-semut ini bahkan hampir memenuhi isi minyak dalam wadah tersebut.

Netizen ini menjelaskan bahwa hal ini ia ketahui saat akan menggoreng telur. Saat akan menuangkan minyak, dirinya dibuat kaget dengan sekumpulan semut merah yang menjadikan minyak goreng ini sebagai lokasi bunuh diri.

Semut mati dalam minyak goreng. (twitter/Chocomintheee)

 

Membuat siapa saja merinding melihatnya, dalam sains, fenomena ini disebut sebagai Ants Circle of Death atau bunuh diri massal dalam dunia semut. Diketahui, bunuh diri massal yang dilakukan semut ini bukan karena sang semut stress atau kalah dalam bertarung.

Tahun 1944, menurut psikolog hewan yang berasal dari Amerika, Theodore Schneirla, fenomena Ants Circle of Death ini terjadi karena beberapa semut yang terpisah dari koloninya.

Saat terpisah dari koloninya, semut biasanya akan mengikuti semut lain yang ada di depannya. Kumpulan semut-semut yang nyasar ini lalu membentuk lingkaran mirip black hole hingga perlahan-lahan mati.

Ants Circle of Death atau bunuh diri massal yang dilakukan oleh para semut bisa saja terjadi karena rasa putus asa yang dirasakan karena terpisah dari koloninya.

Ilustrasi semut dalam melewati rute. (Pixabay/ monsterpong09)

 

Pada kasus ini, kemungkinan semut-semut yang putus asa ini memutuskan untuk bunuh diri massal dengan masuk ke dalam minyak goreng yang tentu saja membuatnya tidak dapat diselamatkan.

Cukup membuat geger media sosial usai viral di Twitter, potret semut dalam wadah minyak goreng ini telah mendapat lebih dari 16 ribu retweets dan ribuan balasan dari netizen.

BACA SELANJUTNYA

Inilah Hewan Tercepat di Dunia, Gerakannya Tembus 323 Km/Jam