Jum'at, 18 September 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 24 Juni 2020 | 18:30 WIB

Hitekno.com - Netizen di Twitter sering dibuat salah fokus pada cuitan, bahkan pada cuitan tokoh ternama. Seperti cuitan Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketika SBY memberikan tanggapannya soal Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), netizen malah menanggapinya dengan tebak-tebakan zodiak.

SBY mengungkapkan dalam cuitannya, Selasa (23/6/2020), bahwa dirinya telah menelaah RUU HIP. Ia juga mengaku memiliki opini tersendiri soal RUU tersebut.

Kendati demikian, menutup cuitannya, SBY memilih untuk tak membagikan tanggapanannya terhadap RUU HIP ke publik. Sebab, menurut dia, itu bisa menjadikan situasi politik makin memanas.

"Saya mengikuti hiruk pikuk sosial & politik seputar RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Saya juga sudah membaca & mengkaji RUU tsb. Tentu ada pendapat & tanggapan saya. Namun, lebih baik saya simpan agar politik tak semakin panas *SBY*," kicau akun resmi @SBYudhoyono.

Ribuan akun pun me-retweet kicauan SBY. Lebih dari 10 ribu netizen bahkan menyukainya. Berbagai komentar juga tak kalah banyak disampaikan untuk merespons cuitan SBY.

Namun, di antara ribuan komentar yang mengekor pada twit SBY, sebuah kicauan nyeleneh nan kocak berhasil menjadi top comment. Cuitan itu berasal dari travel blogger Alexander Thian, yang juga dikenal ahli dalam dunia astrologi.

Netizen tebak-tebakan zodiak SBY - (Twitter/@SBYudhoyono)

 

Dengan gurauan khasnya sebagai selebtwit "pakar zodiak", pemilik akun @aMrazing ini salah fokus menebak zodiak SBY. Menurut penilaiannya dari pernyataan SBY di Twitter, mantan presiden itu memiliki karakter pasif-agresif, alias kerap memilih menyampaikan perasaan atau isi kepalanya secara tersirat, alih-alih langsung dan jelas.

"Bapak jodiaknya apa sih pak? Virgo ya pak? Pasif agresif is the way of life, ya, Pak? Ahzek," kelakar @aMrazing.

Banyak netizen yang kemudian ikut menambahkan komentar pada respons @aMrazing. Tampaknya mereka setuju bahwa SBY benar-benar memiliki kepribadianyang sesuai dengan zodiak Virgo, yang lahir antara 23 Agustus sampai 22 September, seperti tebakan @aMrazing.

"Bener, koh," tulis @penjaga_loket, menyertakan tangkapan layar tanggal lahir SBY, yaitu 9 September 1949, yang sekaligus membenarkan bahwa zodiaknya Virgo.

"Sesama Virgo nih aku paham perasaan Pak SBY," tambah @kucingimpor.

"Beneran Virgo pula," ungkap @jattester.

 

Pada cuitan lainnya, SBY memperingatkan bahwa masyarakat harus berhati-hati untuk merancang sesuatu yang berhubungan dengan Pancasila. Dirinya pun menegaskan, "Jangan sampai ada 'ideological clash' dan perpecahan bangsa yang baru. Kasihan Pancasila, kasihan rakyat."

Diketahui, saat ini RUU HIP sedang ramai menjadi bahan perbincangan hangat publik. Salah satu klausul yang menjadi sorotan adalah konsep Trisila dan Ekasila serta frasa "Ketuhanan yang Berkebudayaan".

Konsep dan frasa kontroversial itu mendapatkan kritik keras dari publik hingga sejumlah ormas. Bahkan, PA 212 hingga FPI berencana mengelar aksi menolak RUU HIP di depan gedung DPR RI pada Rabu (24/6/2020) siang.

Dalam laman resminya, DPR menyebutkan bahwa RUU HIP sudah dibahas sebanyak tujuh kali dan telah resmi menjadi RUU inisiatif DPR dalam rapat paripurna pada Selasa (12/6/2020). Saat ini pembahasan selanjutnya akan segera digelar karea tinggal menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Itulah keisengan netizen pada cuita SBY yang membahas RUU HIP dengan main tebak-tebakan zodiak. (Suara.com/ Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana).

BACA SELANJUTNYA

Heboh Banget saat Masak, Aksi Penjual Hamburger Kini Netizen Gemes