Senin, 06 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 24 Juni 2020 | 14:22 WIB

Hitekno.com - Viral di media sosial video yang menampilkan sebuah sepeda motor terbakar. Penyebab kebarakan ini diklaim karena menaruh di jok motor.

Disebutkan kalau lokasi kejadian sepeda motor terbakar ini di Pakualaman, Yogyakarta

Video berdurasi singkat tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Info Seputar Wedi. Berikut narasi yang dituliskan dalam unggahannya:

"Hanya mengingatkan bagi sedulur yang membawa hand sanitizer, tempat kejadian di Kkb Gajah Mada Pakualaman, dikarenakan menaruh hand sanitizer di jok motor,

Source .Info Kecelakaan dan Kriminalitas Jogja".

Benarkah kabar motor terbakar tersebut karena hand sanitizer?

Motor terbakar karena hand sanitizer? (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Selasa (23/6/2020), narasi yang menyebutkan motor terakar akibat menyimpan hand sanitizer di jok motor adalah narasi yang salah. Penyebab motor terbakar bukan karena hand sanitizer.

Dikutip dari Liputan6.com, Kabid Humas Polda DI Yogyakarta Kombes Yulianto membenarkan kejadian sepeda motor tersebut terbakar di Jalan Gajah Mada, namun penyebabnya bukan karena hand sanitizer.

"Salah, bukan karena hand sanitizer tapi karena konslet, kelistrikan," kata Yulianto.

Menurut informasi yang dihimpun,, sepeda motor tersebut terbakar di Jalan Gajah Mada, Yogyakarta pada Kamis (18/6/2020) sekitar pukul 15.00 WIB. Sehari sebelum kejadian, motor tersebut juga sempat ganti oli dan air radiator.

Motor terbakar karena hand sanitizer? (Turnbackhoax.id)

Sang pemilik juga sempat menggunakan sepeda motor tersebut ke daerah Timoho, Yogyakarta. Namun ketika melewati Jalan Gajah Mada, motor tersebut tiba-tiba berjalan tersendat-sendat dan hampir mogok namun dipaksa tetap berjalan oleh si pemilik.

Tak lama berselang, motor tersebut mati mesin. Saat pemilik motor hendak mengecek motor tersebut, tiba-tiba asap tebal keluar dari bagian mesin motor.

Sang pemilik yang panik langsung pergi mencari air dan berusaha menyiram motor tersebut. Namun api dengan cepat membesar hingga melahap seluruh badan motor.

"Api baru bisa dipadapkan setelah ada seseorang yang membawa alat pemadam kebakaran (powder)" ungkapnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan narasi yang menyebutkan motor terbakar akibat menyimpan hand sanitizer di jok motor adalah narasi tidak benar.

Narasi sepeda motor terbakar karena hand sanitizer tersebut masuk dalam kategori false content atau konten yang salah. (Suara.com/Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Ada Ular Makan Senapan Jenis AK-47?