Kamis, 09 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 23 Juni 2020 | 13:29 WIB

Hitekno.com - Saat membeli produk di e-commerce dan situs belanja online, pembeli bernama Vergian mengalami kerugian sebesar Rp 1,6 juta karena kurang teliti membaca keterangan produk

Dibagikan kembali melalui akun Twitter @txtdarionlshop pada 19 Juni yang mengunggah beberapa gambar tangkapan layar. Mulanya, netizen tersebut membeli VGA MSI Nvidia GTX 1060 6GB Armor OC yang dijual oleh seseorang bernama Eka melalui akun miliknya di salah satu e-commerce.

Olehnya, barang tersebut dijual seharga Rp 1,6 juta. Namun jika melihat keterangan produk, penjual menulis keterangan "Jika diorder, saya kirim foto terakhir. No complain. Membeli = setuju dan paham. Thanks". Di mana, foto terakhir bukanlah produk yang dijual, melainkan gambar tokoh Tom dari kartun Tom and Jerry.

Tak main-main, penjual tersebut betul-betul mengirim foto Tom yang dicetak, alih-alih produk yang ingin dibeli oleh pelanggannya. Hal itu dibagikan oleh pembeli sendiri melalui akun Facebook miliknya.

"Kalau udah gini siapa yang salah," tulis pemilik akun @txtdarionlshop dalam kolom keterangan pada unggahannya.

Namun, menurut keterangan netizen dengan akun Twitter @abcedeeeeee dalam kolom komentar, permasalahan ini telah diselesaikan dan berakhir dengan penjual meminta maaf serta mengembalikan uang pembeli.

"Gue ngikutin nih dramanya di Facebook. Nggak bakal lolos dia soalnya jelas niat nipu, manfaatin celah kelemahan membaca pembeli. Akhirnya pelaku minta maaf pakai materai, duit balik," tulis akun @abcedeeeeee seraya mengunggah beberapa gambar tangkapan layar dari akun Facebook pembeli.

Dalam salah satu gambar yang diunggahnya, pembeli mengunggah foto tulisan tangan berisi permohonan maaf dari penjual dengan tanda tangan di atas materai.

Dalam surat permohonan maaf tersebut tertulis, "Sehubungan dengan perihal pembelian produk VGA Card GTX 1060 MSI di marketplace Shopee dan secara sadar telah membuat kesengajaan dengan cara tidak mengirim produk aslinya dengan memanfaatkan deskripsi yang dapat membuat orang lain tertipu, maka dengan ini saya menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya."

"Penjual sudah klarifikasi meminta maaf di atas materai, saya rasa ini sudah cukup dan semoga dia benar-benar menyesali perbuatannya dan menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga juga tidak ada lagi korban selain saya yang mengalami hal seperti ini. Dengan ini kasus selesai dan post akan saya takedown di pagi hari, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tulis pembeli dalam postingan yang diunggahnya.

Curhatan warganet merasa tertipu belanja online. [Twitter]

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 5.600 kali ke sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar dari netizen.

"Pernah juga aku haha. 3 juta hampir melayang gara-gara deskripsi penjual gila yang niat banget nipunya," ungkap @selviaRF.

"Hey harga segitu lho. Itu penjualnya bisa direport nggak sih... takutnya ntar ditiru sama orang lain buat tipu-tipu," komentar @sunshineb_77.

"Tetep aja nipu ini mah niatnya karena dia tau jarang orang baca deskripsi lengkap, jadi dijadiin celah buat alasan nipu," tambah @ryokuuy.

"Tetep aja penjualnya jahat. Terlepas dari deskripsi produk dan ketentuannya, jelas-jelas nama produk yang tertampang apa, nominal harganya berapa, dan yang dikirim malah apa. Si penjual emang niat nipu. Yakali foto Tom harganya 1,6 juta," tulis @libresyan.

"S3 kurang teliti," cuit @Setankakilima.

"Wkwkwk yang beli minim baca, yang jual kepinteran nipunya," tulis @1998cotton.

Unggahan mengenai drama situs e-commerce yang kurang teliti membaca keterangan produk ini lantas viral di Twitter. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Belanja Online Beli Poster Jimi Hendrix, Malah dapat Kaligrafi