Kamis, 16 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 22 Juni 2020 | 16:15 WIB

Hitekno.com - Jika pada umumnya kamu perlu ke kantor polisi terdekat untuk mengurus perpanjang SIM. Sekarang ini, tanpa antri panjang, kamu rupanya dapat mengurus perpanjang SIM secara online. Berikut cara perpanjang SIM online yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Mengutip situs NTMC Polri, kini warga dapat mengurus perpanjang SIM A dan SIM C secara online melalui situs resmi kepolisian lalu lintas. Hal ini sengaja dilakukan untuk menghindari keramaian demi pencegahan penularan virus corona.

Untuk kamu yang ingin mengurus perpanjang SIM online, kamu bisa masuk ke situs resmi kepolisian lalu lintas di laman https://sim.korlantas.polri.go.id. Setelah masuk ke laman ini, kamu akan diminta melakukan registrasi online.

Pada pilihan registrasi online ini, kamu nantinya harus memilih menu 'Pendaftaran SIM Online'. Beberapa informasi mengenai pendaftaran SIM online akan langsung nampak di laman ini.

Langkah selanjutnya adalah mengikuti tiap step-by-step dari informasi yang diminta oleh situs tersebut. Jangan lupa untuk memberikan informasi sebenar-benarnya tentang kamu ya.

Ilustrasi SIM. (Suara.com/Alfian Winanto)

 

Untuk bagian Data Permohonan, kamu perlu memilih lokasi Polda yang akan kamu kunjungi. Jangan lupa untuk memilih lokasi Polda terdekat dari lokasi kamu berada ya.

Selain meminta informasi mengenai lokasi Polda kedatanganmu, kamu juga perlu mengisi Satuan Penyelenggara Administrasi SIM atau Satpas yang akan menjadi tujuan kedatanganmu.

Beberapa data pribadi lainnya yang diminta dari situs perpanjang SIM online ini antara lain mengenai nomor KTP, tinggi, golongan darah, pendidikan, hingga pekerjaan. Selanjutnya, kamu juga perlu mengisi kolom 'Data keadaan darurat' sesuai permintaan tiap step tersebut.

Ilustrasi SIM. (Suara.com/Kurniawan Mas'ud)

 

Langkah berikutnya adalah untuk mengisi Konfirmasi Data Input untuk memastikan bahwa semua data dan informasi yang kamu masukkan tadi adalah benar dan telah sesuai.

Jika semua step sudah kamu lakukan, langkah terakhir adalah memilih tanggal pengambilan SIM. Jangan lupa untuk mengambil bukti registrasi online yang dikirimkan melalui e-mail pribadi kamu.

Untuk pembayaran proses perpanjangan SIM online ini dapat dilakukan melalui ATM, EDC, atau teller Bank BRI. Walaupun seluruh proses berjalan secara online, kamu tetap perlu melakukan pemeriksaan kesehatan ya.

Itu tadi cara perpanjang SIM online yang bisa kamu lakukan dengan praktis tanpa perlu harus antri panjang di kantor polisi terdekat.

BACA SELANJUTNYA

Soal Pencurian Nomor Ponsel Ilham Bintang, Kominfo Tak Bisa Berbuat Banyak