Kamis, 13 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 19 Juni 2020 | 18:00 WIB

Hitekno.com - Buat kamu pengguna HP Android, apakah menginstal aplikasi kamera beauty untuk foto selfie? Coba cek aplikasi yang kamu gunakan tersebut.

Karena ada 38 aplikasi kamera beauty atau aplikasi yang mempercantik wajah ketika foto selfie, ternyata tergolong sebagai aplikasi berbahaya.

Para peneliti dari WhiteOps telah memperingatkan sekitar 38 aplikasi kamera beauty berbahaya, yang dapat membombardir HP Android kamu dengan iklan.

"Apa yang dimiliki semua aplikasi ini - selain taktik penipuan mereka - adalah fokus mereka pada kecantikan. Sebagian besar dimaksudkan untuk menjadi aplikasi selfie yang menambahkan filter kamera cantik ke gambar pengguna, sementara pada saat yang sama menampilkan iklan di luar konteks dan membuatnya hampir mustahil untuk menghapus aplikasi itu sendiri,” ujar tim peneliti yang dipimpin Nico Agnese, dilansir laman Mirror, Jumat (19/6/2020).

Aplikasi ditemukan melakukan tiga jenis penipuan, yakni iklan di luar konteks, navigasi di luar konteks, dan penghapusan ikon aplikasi. Penipuan ini membuat pengguna lebih sulit menghapus aplikasi.

Ilustrasi morning selfie [Shutterstock]

 

Menurut para peneliti, jika melihat evolusi kelompok aplikasi tertentu ini, dapat dibayangkan beberapa strategi yang mungkin digunakan aktor penipuan, serta reaksi mereka ketika aplikasi dihapus dari Play Store.

"Rentang waktu operasi ini menawarkan studi kasus yang hebat tentang pengembangan penipuan, penerbitan, adaptasi, dan menarik kembali sumber daya untuk mencadangkannya untuk potensi penggunaan di masa depan," tutur mereka.

Untungnya, semua 38 aplikasi kamera beauty kini telah dihapus dari Google Play Store.

Tetapi jika masih memiliki salah satu dari mereka yang terinstal di HP Android kamu, disarankan untuk segera menghapusnya.

Itulah temuan 38 aplikasi kamera beauty yang ternyata bisa membahayakan HP Android kamu. Beruntung telah dihapus oleh Google Play Store. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

3 Populer: 4 HP Android dengan NFC Rp 2 Jutaan dan Tulisan di Truk Sedot WC