Senin, 06 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 18 Juni 2020 | 09:31 WIB

Hitekno.com - Sempat santer beredar isu PKI di media sosial. Paling baru, muncul postingan yang mengklaim Megawati Soekarnoputri tengah memotong tumpeng di atas meja dengan lambang PKI.

Dalam postingan ini memberikan foto dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut dengan kolase foto-foto lainnya.

Kabar ini pertama kali tersebar di Facebook setelah salah seorang pengguna Facebook bernama Al Qadri mengunggah foto dan narasi yang menyebutkan jika Megawati dan PDIP adalah PKI.

"#2020 JANGAN PILIH KADER PDIP TERBUKTI SARANG PKI DAN KORUPTOR.INGAT SUARA ANDA MENENTUKAN NASIB BANGSA INI.JIKA INGIN REZIM INI TUMBANG JANGAN PILIH KADER DARI PARTAI PDIP," demikian isi status Al Qadri.

Namun, benarkah demikian? Apakah foto Megawati potong tumpeng di atas meja berlambang PKI tersebut dapat dipercaya?

Status warganet yang menyebut Megawati potong tumpeng di meja PKI (Facebook).

 

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta dari Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, didapati temuan fakta bahwa gambar foto tersebut merupakan hasil editan.

Foto tersebut pertama kali beredar pada tahun 2017. Saat itu PDIP tengah merayakan ulang tahun ke-41 di Kantor DPP PDI perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (10/1/2014).

Foto asli Megawati potong tumpeng tahun 2017 (Turnbackhoax.id).

Megawati memotong tumpeng dan membagikannya kepada sejumlah tokoh PDIP, salah satunya adalah Jokowi yang saat itu belum menjadi Presiden RI. Selain itu, juga ada Puan Maharani dan Tjahjo Kumolo.

KESIMPULAN

Dari penjelasan cek fakta di atas, maka dapat dipastikan bahwa tidak benar jika Megawati memotong tumpeng di atas meja berlambang PKI.

Foto tersebut adalah hasil editan dimana pada foto aslinya, tak terdapat lambang PKI karena meja hanya dialasi kain polos berwarna merah. Foto tersebut memuat informasi yang sengaja dimanipulasi sehingga bisa disebut foto hoaks. (Suara.com/ Ruhaeni Intan).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Dokter Telanjang karena Stres Suami Kena Corona?