Kamis, 09 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 18 Juni 2020 | 08:16 WIB

Hitekno.com - Beredar postingan di media sosial dengan foto Wakil Presiden Maruf Amin berisi narasi yang mengklaim buzzer dipelihara oleh negara. Tentu saja menjadi sorotan hingga viral di media sosial.

Lebih lanjut, postingan ini memakai narasi yang mengklaim kalau buzzer dipelihara negara sedangkan anak terlantar dan fakir miskin dipelihara tetangga.

Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Putra Inka. Berikus isi narasi dalam foto:

"Buzzer RP dipelihara negara anak telantar dan fakir miskin dipelihara tetangga kuncen surga dan neraka."

Dalam statusnya, akun tersebut juga membuat narasu yang isiya seperti berikut:

"Ketika beliau tahu keadilan itu tidak ada, tapi beliau diam karena jabatan biar aman. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Benarkah narasi Maruf Amin mengatakan seperti itu?

Benarkah Wapres Maruf Amin Sebut BuzzerRp Dipelihara Negara? (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (17/6/2020), narasi berisi Maruf Amin menyebut buzzer dipelihara negara sementara anak telantar dan fakir miskin dipelihara tetangga adalah narasi yang salah.

Pencarian mengenai pernyataan Maruf Amin seperti narasi dalam gambar tidak ditemukan.

Gambar yang digunakan oleh akuntersebut merupakan gambar hasil suntingan. Gambar Maruf Amin itu merupakan hasil jepretan fotografer Kumparan.com bernama Fitra Andrianto dan telah digunakan di sejumlah artikel Kumparan.com.

Benarkah Wapres Maruf Amin Sebut BuzzerRp Dipelihara Negara? (Turnbackhoax.id)

Salah satunya foto tersebut digunakan dalam artikel Kumparan.com berjudul 'Maruf Amin Melobi Jokowi Agar Beri Grasi Abu Bakar Ba'asyir' yang tayang pada 28 Februari 2018.

Selain itu, foto tersebut juga digunakan pada artikel berjudul 'Ma'ruf soal Jokowi Tak Pilih Kader NU: Wabillahi Taufiq Wal Hidayah' yang tayang pada 8 Agustus 2018.

Dalam berbagai artikel tidak ditemukan pernyataan Maruf Amin seperti narasi dalam gambar.

Kesimpulan

Dari penjelsan cek fakta di atas, dapat disimpulkan narasi Maruf Amin menyebut buzzer diperlihara negara sementara anak telantar dan fakir miskin dipelihara tetangga adalah klaim yang tidak benar.

Narasi postingan tersebut masuk dalam kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Wapres Sebut Dampingi Presiden Rapat di Istana Kodok?