Senin, 13 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 17 Juni 2020 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Mengirimkan file JPG lewat email maupun aplikais chatting memang mudah, namun bagaimana jika yang diminta adalah PDF? Bagaimana cara mengubah file JPG ke PDF dengan mudah?

File PDF sendiri banyak dipilih untuk saling berbagi baik melalui email maupun pengiriman model lainnya. Karena dianggap aman dan telah menjadi standar.

Banyak tipe file yang muda untuk diubah menjadi PDF, termasuk JPG maupun file image lainnya. Caranya pun cukup mudah.

Ada cara mengubah JPG ke PDF dengan mudah, baik melalui situs web, komputer, ataupun smartphone. Dilansir dari NDTV, berikut cara mengubah JPG ke PDF dengan mudah:

1. Cara mengubah JPG ke PDF melalui situs web

Ilustrasi file pdf. (Pixabay)

 

  • Metode ini memungkinkan pengguna mengubah file JPG ke PDF secara online. Bisa dioperasikan dengan semua platform utama, termasuk Windows 10, macOS, Android, dan iOS, sehingga sangat membantu.
  • Pertama, buka hipdf.com > pilih Image to PDF. Pada layar berikutnya, pilih JPG to PDF. Selanjutnya pilih Choose File dan pilih file yang ingin diubah. Tunggu file untuk diunggah. Setelahnya, klik Convert. Setelah konversi selesai, klik Download untuk mengunduh hasil dari pengubahan JPG ke PDF.

2. Cara mengubah JPG ke PDF di komputer

Ilustrasi file PDF. (Pixabay)

 

  • Jika ingin mengubah file JPG ke PDF di komputer secara khusus, dapat melakukan cara ini di Mac atau Windows tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga.
  • Jika menggunakan Mac, buka file JPG di Preview > klik File > dari drop-down menu pilih Export as PDF > edit nama dan hapus ekstensi JPG > klik Save.
  • Jika menggunakan Windows 10, buka file JPG dan berikan perintah cetak, misal Ctrl + P. Di Pengaturan Printer, pilih Microsoft Print to PDF. Periksa ukuran foto dan pas yang diinginkan untuk PDF > klik Print.
  • Pada halaman berikutnya, masukkan nama file > pilih lokasi tempat menyimpan file > klik Save.

3. Cara mengubah JPG ke PDF di iPhone

Ilustrasi ubah JPG ke PDF [ilustrasi gadget.ndtv.com].

 

  • Pertama, unduh aplikasi Photos PDF: Scanner Converter di App Store. Kemudian buka aplikasi dan ketuk rol kamera. Pilih gambar yang ingin diubah > ketuk Select. Setelah gambar diproses, klik Create PDF.
  • Pada halaman berikutnya, masukkan nama file PDF. Tetapkan orientasi dan margin jika mau. Setelah diatur, klik Create PDF. Setelah dokumen PDF dibuat, pilih dokumen itu > ketuk Share > pilih Simpan ke File.
  • File yang diubah akan disimpan di aplikasi Files di perangkat iOS.

4. Cara mengubah JPG ke PDF di Android

  • Untuk mengubah JPG ke PDF di Android, harus mengunduh Image to PDF Converter oleh DLM Infosoft dari Google Play. Setelah aplikasi diinstal, buka aplikasi > dari layar utama, ketuk ikon tambah (+) di bagian bawah > pilih file JPG yang ingin diubah.
  • Setelah menentukan file, ketuk ikon PDF di kanan atas > masukkan detail PDF > ketuk OK. File PDF baru akan disimpan di ponsel. Dengan metode sederhana cara mengubah JPG ke PDF ini, pengguna dapat melakukannya dalam waktu singkat.

Itulah cara mengubah file JPG ke PDF dengan mudah dan cepat. Tak perlu lagi repot membuatnya jadi file PDF. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Biar Bisa Buka File PDF, Begini Cara Download Adobe Reader