Kamis, 09 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 17 Juni 2020 | 10:30 WIB

Hitekno.com - PDF jadi jenis file yang banyak digunakan untuk saling bertukar informasi. Namun sayang ukurannya sering kali tidaklah kecil. Lalu bagaimana cara memperkecil ukuran PDF agar mudah dalam kirim file?

Ukuran PDF bisa menjadi sangat besar, terutama ketika pengguna menambahkan banyak gambar dan objek. Jika ingim mengirimkan PDF melalui email atau pesan instan, bakal memakan waktu lama.

Pemilihan file PDF untuk berbagi informasi karena adanya proteksi untuk tidak merubah isinya. Sehingga informasi yang disebarkan terjaga.

Dilansir dari howtogeek, berikut cara memperkecil ukuran PDF di Windows, macOS, dan melalui browser web:

1. Cara memperkecil ukuran PDF di Windows

Ilustrasi PDF. (Pixabay/ Clker-Free-Vector-Images)

 

  • Pengguna Windows tidak memiliki program yang dapat menangani PDF secara default, jadi untuk membuka dan memperkecil ukuran file, pengguna harus menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, salah satunya seperti Free PDF Compressor.
  • Setelah membuka PDF di Free PDF Compressor, pilih tingkat kompresi dan klik tombol Compress untuk memulai proses. File yang baru dikompres akan disimpan sebagai salinan di lokasi sama dengan file asli.

2. Cara memperkecil ukuran PDF di macOS

Ilustrasi file PDF. (Pixabay)

 

  • Pengguna Mac dapat menggunakan aplikasi Preview bawaan untuk memperkecil ukuran PDF tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.
  • Pertama, buka file PDF di Preview dengan memilih file di Finder, tekan Space, lalu klik tombol Open with Preview. Di Preview, buka File > Export.
  • Di jendela Export, pilih opsi Reduce File Size dari menu drop-down Quartz-Filter dan kemudian klik tombol Save.
  • Sebagai catatan sebelum memperkecil ukuran PDF di Preview, dokumen baru yang pengguna ekspor akan menggantikan dokumen asli sehingga disarankan untuk membuat salinan dokumen terlebih dahulu.

3. Cara memperkecil ukuran PDF melalui web browser

  • Jika pengguna bukan pengguna Mac dan tidak ingin mengunduh perangkat lunak tambahan, pengguna dapat menggunakan alat kompresi secara online melalui web browser, seperti SmallPDF.
  • SmallPDF sangat mudah digunakan, cepat, dan file yang diunduh ke server akan dihapus setelah satu jam.
  • Cukup ketikkan smallPDF di browser pencarian, lalu memilih file yang ingin dikompres. Setelahnya, proses kompresi hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Pengguna akan diperlihatkan berapa banyak file yang telah dikompres dan diberi tautan unduhan untuk file baru. Cara memperkecil ukuran PDF seperti dapat menjadi alternatif untuk menjaga kualitas tetap utuh.

Itulah cara memperkecil ukuran PDF yang memudahkan dalam mengirimkan fila. Selamat mencoba. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Biar Bisa Buka File PDF, Begini Cara Download Adobe Reader