Sabtu, 31 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 16 Juni 2020 | 07:21 WIB

Hitekno.com - Sebuah postingan di media sosial Facebook mengklaim tokoh Steve Rogers dalam film Captain Amerika ketika publik bisa melihat adanya virus corona.

Unggahan itu dibagikan oleh akun Facebook costumarvel pada Jumat (12/6/2020).

Terdapat foto yang menampilkan sosok Steve Rogers di sebuah kota. Sementara di belakangnya terlihat baliho yang disebut-sebut menampilkan penampakan virus corona.

Foto itu kemudian disandingkan dengan foto tokoh Tony Stark atau Iron Man.

Unggahan tersebut juga dibubuhi sejumlah tulisan berbahasa Inggris berbunyi: "In Captain America, Steve Rogers Awakens in Modern Times, and You Can See a Corona and a Virus", "Did You Know?" dan "Don't Lie to me Rogers, Did You Know?".

Semenatra sebagai narasi, akun customarvel menuliskan:

"Di fi kapten amerika, capten steve bangun pada masa modern dan kamu bisa lihat virus corona Repost @marvel2k19__ • • • • • • Follow me for more #anthonymackie #sebastianstan #wyattrussell #zemo #disneyplus #thefalconandthewintersoldier #thanosdidnothingwrong #blackpanther2 #avengers #endgame #infinitywar #chrisevans #chrishemsworth #captainamerica #thor #falconandthewintersoldier #hawkeye #infintywar #marvelindonesia #marvelindo #konspirasi".

Film Captain America disebut prediksi adanya virus corona. (turnbackhoax.id)

Lantas benarkah film Captain America memprediksi adanya virus corona?

Penjelasan

Hasil cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim yang mengatakan film Captain America memprediksi adanya virus corona dipastikan tidak benar.

Hal itu ditunjukkan oleh bukti yang ditemukan oleh sejumlah media. Salah satunya oleh situs India.com dalam artikel berjudul "Fake News: Film Critics Debunk Conspiracy Theorists Claims of Captain America Predicting COVID-19 And George Floyd Protests in 2011"

Dalam artikel tersebut diterangkan, seorang kritikus film bernama William Mullally dari The Cutaway mengungkap fakta di balik baliho yang diklaim menggambarkan penampakan virus corona.

Melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, William menegaskan bahwa baliho tersebut bukan menampilkan simbol virus corona melainkan gambar spageti.

Film Captain America disebut prediksi adanya virus corona. (turnbackhoax.id)

Senada dengan hal itu, situs Snopes.com menuliskan bahwa papan iklan atau baliho itu menunjukkan gambar pasta Batilla dalam bentuk kembang api.

Gambar yang diunggah oleh sumber diketahui merupakan potongan adegan dari film Captain America: The First Avenger yang dirilis tahun 2011 jauh sebelum adanya pandemi virus corona.

Seperti yang bisa dilihat di menit ke 02.10 video YouTube berjudul "Steve Rogers Wakes Up 70 Years Later "I Had A Date Captain America: The First Avenger (2011).

Tokoh Steve Rogers kala itu difilmkan tengah berada di Times Square, persimpangan jalan Kota New York, Amerika Serikat. Persimpangan tersebut dipenuhi latar belakang papan iklan.

Film Captain America disebut prediksi adanya virus corona. (turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Berdasarkan bukti cek fakta tersebut, unggahan yang mengklaim film Captain America memprediksi adanya virus corona adalah palsu atau hoaks. Dapat disimpulkan, unggahan tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan. (Suara.com/ Husna Rahmayunita).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Peserta BPJS Kesehatan Dapat BLT Sampai Rp 4 Juta?