Selasa, 11 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 15 Juni 2020 | 22:00 WIB

Hitekno.com - Memiliki file PDF yang membuat beberapa pengguna harus mengonversi,  menggabungkan, atau mengedit file PDF untuk memudahkan orang lain membacanya.  Sehingga dibutuhkan sebuah aplikasi khusus  dalam meggarapnya. Namun tidak perlu khawatir, karena semua orang dapat menggabungkan file PDF dengan mudah, baik di Windows ataupun macOS.

Dilansir dari Digital Trends, berikut cara mudah menggabungkan file PDF:

1. Menggabungkan file PDF di Windows

  • Pengguna Windows bisa menggabungkan file PDF di Adobe Acrobat Pro DC. Ini adalah perangkat lunak premium, tetapi versi uji coba gratis juga tersedia untuk digunakan.
  • Pertama, unduh dan install Adobe Acrobat Pro DC. Setelah terinstal, buka perangkat lunak ini dan klik tab Tools di sudut kiri atas > klik tombol Combine Files > klik tombol Add Files dan pilih dokumen PDF yang ingin digabungkan.
  • Setelah memilih PDF, klik Combine Files. PDF pengguna akan otomatis digabung menjadi satu. Pengguna dapat menyimpannya ke lokasi penyimpanan baru dengan mengklik File > Save As > pilih nama PDF dan lokasi untuk penyimpanan.
  • Jika pengguna tidak suka menggunakan perangkat lunak Adobe, ada pilihan lainnya seperti menggunakan Perfect PDF Combine.

2. Menggabungkan file PDF di MacOS

Ilustrasi PDF. (Pixabay/ Clker-Free-Vector-Images)

 

  • Versi terbaru dari MacOS Mojave dan Catalina membuat pengguna bisa menggabungkan PDF dengan sangat mudah berkat MacOS Finder. Finder menunjukkan pratinjau file pengguna dan menambahkan menu kontekstual di samping, yang memungkinkan pengguna Mac dapat melakukan sejumlah tindakan cepat, salah satunya adalah kemampuan untuk membuat PDF.
  • Pengguna dapat menemukan menu tindakan cepat di sisi kanan di bawah properti individual dari file yang telah pengguna pilih. Jika fungsi Create PDF tidak tersedia, pengguna dapat mengklik ikon More.
  • Untuk menggabungkan PDF, langkah pertama buka Finder dan pilih semua file PDF yang ingin digabungkan. Setelahnya, jendela Finder akan menampilkan pratinjau file dengan tombol Create PDF di bagiah bawah. Klik tombol ini.
  • Kemudian pengguna dapat membuka file yang baru dibuat dengan Preview. Urutan halaman dapat diubah dengan menyeretnya. Pengguna juga dapat membuat anotasi atau memutar halaman sesuai kebutuhan.
  • Setelah selesai, pastikan untuk mengganti nama file yang baru digabungkan. Pilih File > Rename.  

Seperti itulah cara menggabungkan file PDF dengan mudah. Selamat mencoba.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Ditemukan Bug Aneh dalam Windows 10, Beri Peringatan Keamanan Palsu