Sabtu, 08 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 12 Juni 2020 | 21:35 WIB

Hitekno.com - Gojek bersama mitra merchant GoFood menetapkan standar tinggi sehingga tetap menjadi andalan masyarakat Indonesia dalam memasuki tatanan baru yang memperketat protokol kebersihan dan kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Untuk mendukung upaya bersama ini, GoFood telah mendistribusikan paket sanitasi dan ribuan masker ke mitra merchant GoFood yang 96 persen diantaranya adalah mitra UMKM.

Upaya ini sekaligus wujud komitmen Gojek melalui GoFood untuk mendukung keberlangsungan bisnis mitra UMKM dengan pola hidup baru sekarang di tengah masa pandemi COVID-19.

Head of Regional Corporate Affairs Jawa Tengah & DIY Arum Prasodjo, mengatakan, "Kami memahami bahwa seluruh masyarakat saat ini siap tidak siap akan memasuki pola hidup baru di tengah pandemi COVID-19. Sektor UMKM juga terus bergerak untuk menunjang roda perekonomian. Sejalan dengan situasi tersebut kami mendorong seluruh mitra UMKM yang tergabung sebagai merchant GoFood untuk dapat menjaga pendapatan namun tidak mengabaikan protokol kesehatan dan sanitasi dalam melayani pelanggan. Oleh karena itu, kami ingin turut membantu meringankan beban operasional dan pengeluaran merchant melalui distribusi paket sanitasi dan keamanan makanan."

Untuk terus memperketat protokol keamanan dan kebersihan makanan yang ditegakkan sejak awal pandemi, GoFood telah membekali 50.000 outlet mitra UMKM dengan masker serta ribuan paket sanitasi dan keamanan makanan yang berisi sejumlah hand sanitizer, sabun antiseptik, dan segel pengaman.

Dalam memberikan paket sanitasi di Kota Yogyakarta ini, Gojek berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan Consumer Packaged Goods - Reckitt Benckiser dan Paragon Technology and Innovation - yang ikut berpartisipasi menyalurkan sabun antiseptik Dettol serta hand gel Wardah ke puluhan ribu mitra UMKM.

Inisiatif paket sanitasi dan keamanan makanan ini turut diapresiasi oleh mitra UMKM GoFood. "Kami sangat berterima kasih atas perhatian yang diberikan Gojek kepada kami lewat bantuan ini, terutama paket sanitasi dan keamanan makanan yang diberikan. Paket ini sangat membantu kami menekan biaya operasional yang sebelumnya harus kami alokasikan agar tetap patuh pada langkah keamanan dan kebersihan makanan sesuai himbauan pemerintah. Hal ini juga tentunya membantu kami mempertahankan kepercayaan pelanggan yang saat ini juga sangat memperhatikan keamanan dengan lebih maksimal," kata Nurul Atik, pemilik UMKM Rocket Chicken, Yogyakarta.

Salah satu mitra merchant menerima paket sanitasi dan keamanan dari GoFood. (dok. Gojek)

 

Sejak pandemi berlangsung, Nurul Atik secara mandiri telah memulai pemberlakuan protokol kesehatan di gerai restonya sesuai sosialisasi yang telah disampaikan oleh GoFood.

Pengunjung dan driver Gojek bisa menggunakan fasilitas cuci tangan serta hand sanitizer di resto yang juga menerapkan mekanisme antrian berjarak, pemberlakuan cek suhu dan penggunaan alat pelindung diri lengkap bagi karyawan Rocket Chicken.

Terkait keamanan pangan, standar tinggi yang ditetapkan GoFood sejak awal pandemi COVID-19 mengikuti "Pedoman Produksi dan Distribusi Makanan Olahan pada Masa Status Darurat Kesehatan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia" yang dicanangkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Pedoman tersebut mencakup aspek sanitasi, higienitas, dan kesehatan personel, serta pembatasan jarak fisik pada masa pandemi COVID-19.

Di samping itu, standar GoFood bagi mitra merchant untuk menjaga kebersihan makanan juga sesuai dengan panduan dari World Health Organization (WHO), yaitu: (1) Penggunaan masker bagi seluruh karyawan; (2) Pengecekan suhu tubuh karyawan secara rutin; (3) Penggunaan segel pengaman (selotip atau kabel pengerat saat pengantaran); (4) Memberikan jarak antrian bagi para mitra driver dan pelanggan; (5) Sterilisasi area restoran dengan desinfektan secara berkala; (6) Menyediakan tempat cuci tangan dan sabun cuci tangan bagi para karyawan dan mitra driver.

"Meskipun pandemi COVID-19 membawa kita masuk ke situasi penuh ketidakpastian, kami berharap berbagai inisiatif yang kami jalankan dapat mendukung keberlangsungan penghasilan mitra merchant GoFood. Kami berterima kasih atas dukungan institusi bisnis yang telah berpartisipasi membantu mitra UMKM GoFood dengan donasi perlengkapan sanitasi. Dengan semangat gotong royong dan saling membantu inilah, kami terus optimis bahwa bersama kita bisa melalui masa pandemi ini," tutup Arum.

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi GoPlay dan Citilink, Hadirkan Konten Hiburan Selama Penerbangan