Kamis, 24 September 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 09 Juni 2020 | 19:02 WIB

Hitekno.com - Dokter Reisa Broto Asmoro, sosok wanita yang belum lama ini sukses merebut perhatian netizen. Sosoknya dianggap meningkatkan kepercayaan publik pada pemerintah terkait penanganan COVID-19 di Tanah Air.

Sosok Reisa Broto Asmoro sendiri belum lama ini ditunjuk sebagai anggota tim Komunikasi Publik Gugus Tugas COVID-19 mendampingi Achmad Yurianto.

Pakar media sosial dari Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, dalam penjelasannya di Twitter, Selasa (9/6/2020) membeberkan bahwa tampilnya Reisa di podium Gugus Tugas Pusat Covid-19 berhasil memantik respons positif dari publik.

"Response publik yang sangat positif atas ditunjuknya dr. Reisa sebagai salah satu juru bicara dalam Gugus Tugas, adalah strategi tepat dalam komunikasi covid19 oleh pemerintah," kata Ismail Fahmi.

Menurut analisis percakapan di media sosial, 78 persen percakapan soal Reisa Broto Asmoro bersentimen positif, 17 persen netral, dan hanya 6 persen yang negatif. Lebih lanjut Ismail Fahmi mengatakan bahwa percakapan di jejaring sosial soal Reisa berasal dari luar klaster pendukung atau oposisi pemerintah.

Gaya Modis Reisa Broto Asmoro (instagram.com/reisabrotoasmoro)

 

"Good looking dan latar belakang profesionalnya yang sesuai dengan peran terkait kesehatan ini menjadi perhatian besar publik," imbuh Ismail Fahmi.

Meski demikian Ismail mengingatkan bahwa penilaian soal dokter Reisa Broto Asmoro selama dua hari terakhir masih terlalu dini, meski tren dan volume emosi yang terpancar dari percakapan publik di media sosial menunjukkan rasa percaya serta harapan.

"Terbuktikah Reisa Effect ini? Sementara di lapangan kasus masih naik, angin new normal sangat kencang dan masyarakat sudah mulai ndak disiplin. Reisa Effect ini akan diuji, khususnya agar masyarakat mau waspada dan nurut untuk menjalankan protokol kesehatan, agar aman dalam new normal," tutup Ismail Fahmi.

Itulah sosok Reisa Broto Asmoro yang telah sukses mencuri perhatian netizen hingga memupuk kepercayaan publik pada pemerintah untuk penanganan COVID-19 di Tanah Air. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Pamer Helm Hasil Curian di Status WhatsApp, Netizen: Impostor Ketauan CCTV