Kamis, 13 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 04 Juni 2020 | 08:32 WIB

Hitekno.com - Belajar online bahkan ujian online kini bisa dilakukan dengan mudah dengan dukungan internet. Namun berbeda ceritanya jika tinggal di wilayah susah sinyal.

Terutama yang tinggal jauh dari kota besar, susah sinyal jadi salah hal yang sering ditemui. Seperti kisah siswi asal Malaysia satu ini.

Dikutip HiTekno.com dari World of Buzz, seorang siswi SMK harus berpanas-panasan di pinggir jalan demi mengerjakan ujian online karena susah sinya.

Heliyana, siswi kelas satu SMK Tinggi Sarikei yang tinggal di Sarike, Sarawak, Malaysia, harus bersusah payah cari sinyal di tempatnya tinggal.

Dalam foto yang viral di media sosial, siswi 13 tahun ini duduk di pinggir jalan di bawah terik Matahari sambil memangku buku pelajaran dan HP di tangannya.

Demi ujian online, siswi ini rela berpanas-panasan di tepi jalan karena susah sinyal. (Facebook/ SMK Tinggi Sarikei - STS)

 

Foto Heliya dipostingkan akun Facebook SMK Tinggi Sarikei pada 23 Mei 2020 kemarin lalu jadi viral di media sosial setelah merebut perhatian netizen.

Dalam keterangan foto tersebut, nampak ia harus bersusah payah demi mendapatkan sinyal agar bisa mengikuti ujian online yang diselengarakan sekolahnya.

"Dia memang panutan bagi semua siswa. Tanpa rasa sakit dan pengorbanan, kita tidak akan memiliki apa-apa," tulis akun Facebook SMK Tinggi Sarikei.

Demi ujian online, siswi ini rela berpanas-panasan di tepi jalan karena susah sinyal. (Facebook/ SMK Tinggi Sarikei - STS)

 

Ternyata persoalan ujian online ini tidak hanya dialami Heliyana, siswi Malaysia lainnya juga punya kendala lain selain susah sinyal.

Yakni Wouk yang juga siswi kelas 1 di sekolah tersebut tidak memiliki smartphone. HP miliknya cuma bisa telepon dan SMS saja.

Mengetahui masalah ini, sang guru pun rela mengantarkan kertas ujian kepada Wouk ke rumahnya. Dan siswi Malaysia ini menjawab lewat SMS yang dirikimkan kepada sang guru.

Hanya punya HP yang bisa SMS dan telepon, ini kendala siswi saat ujian online. (Facebook/ SMK Tinggi Sarikei - STS)

 

Kisah Wouk yang kesulitan dalam belajar dan ujian online ini juga tidak kalah menarik perhatian netizen hingga viral di media sosial pula.

Itulah kendala belajar dan ujian online yang dialami siswi Malaysia. Bukan cuma susah sinyal, namun karena keterbatasan perangkat.

BACA SELANJUTNYA

Driver Ojol Diajak Nikah 4 Cewek Cantik Sekaligus, Bikin Iri Netizen