Minggu, 05 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 01 Juni 2020 | 12:30 WIB

Hitekno.com - Password merupakan elemen penting dalam setiap platform digital yang menjadi terger pelaku kejahatan siber. Namun bagaimana cara mengecek password dibajak atau tidak dengan mudah?

Kejadian peretasan atau pencurian password di era digital saat ini pun bukan hal baru, namun tidak ada salahnya pengguna internet memeriksa password untuk mengetahui apakah password telah diretas.

Terutama password email yang jadi email utama dan terhubung ke banyak hal. Demi keamanan email, harus tahu cara mengecek password dibajak atau tidak.

Pengguna dapat mengeceknya menggunakan layanan pihak ketiga seperti Avast Hack Check yang dapat diakses melalui situs website https://www.avast.com/hackcheck/.

Situs ini sendiri telah mendeteksi sebanyak lebih dari 30 miliar password yang dicuri dan diambil, sebagai bagian dari pelanggaran keamanan atau jenis aktivitas online ilegal lainnya.

Setelah mengakses alamat situs, pengguna bisa menuliskan alamat email yang digunakan ke dalam kotak yang tersedia dan Avast akan memeriksanya dengan basis data situs yang diretas dan detail masuk yang dicuri.

Jika password telah dicuri, situs akan menampilkan keterangan berupa "Kata Sandi Anda telah bocor" dan menyebutkan kemungkinan kejahatan kriminal yang dilakukan pelaku seperti masuk ke akun pribadi, mengirim pesan ke kontak pengguna, menyedot uang, dan berpotensi mencuri identitas.

Avast Hack Check. (Avast)

 

Situs Avast Hack Check ini juga mengirim peringatan email 24 jam otomatis kapan saja password pengguna bocor.

Alamat email dan password pengguna yang dicuri ini diekspos di dark web atau dijual di pasar gelap. Perusahaan atau organisasi yang berbisnis dengan pengguna juga dapat membocorkan atau memublikasikan data sensitif penggunanya secara tidak sengaja.

Avast Hack Check memberi tahu pengguna secara otomatis ketika detail login pengguna dicuri, sehingga pengguna dapat mengamankan akun sebelum orang lain mendapatkannya.

Selain mengecek apakah password telah diretas atau tidak, pengguna juga bisa menggunakan layanan penghasil password kuat.

Melalui situs Avast Hack Check ini, tidak ada salahnya jika Anda mengganti password semua akun pribadi secara berkala, untuk mengecoh usaha peretasan.

Itulah cara mengecek password dibajak atau tidak dengan mudah menggunakan Avast Hack Check. Jaga keamanan data pribadi Anda! (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Waduh, Ribuan Password Pengguna Aplikasi Zoom Dijual di Dark Web